Mohon tunggu...
Samuel afrianto Simbolon
Samuel afrianto Simbolon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Palangkaraya 2022

Gaming,sleep

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Pemasaran Internasional Lazada: Memperluas Jangkauan Global

18 Mei 2024   15:52 Diperbarui: 18 Mei 2024   15:57 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lazada (Sumber: liputan6.com)

         Lazada adalah salah satu pasar digital atau tempat jual beli digital terbesar di Indonesia. Lazada yang didirikan pada tanggal 27 Maret 2012 berkembang pesat hingga saat ini. Lazada Group merupakan perusahaan milik Alibaba Group yang didirikan dan dibangun oleh Pierra Poignant dan Rocket Internet yang sudah beroperasi di Asia Tenggara, dengan total enam negara yaitu Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Singapura. Lazada merupakan sebuah marketplace multinasional besar yang menyediakan platform jual beli online bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya, mulai dari perseorangan, toko kecil hingga brand besar sekalipun yang memiliki toko resmi.

         Lazada merupakan marketplace yang menyediakan pasar online bagi para merchant untuk nantinya mengembangkan dan mengelola bisnisnya dengan lebih mudah. Lazada juga berharap dapat memberikan pengalaman berbelanja yang mudah kepada masyarakat, terutama ketika Anda cukup berbelanja di website atau aplikasi berbagai produk di semua kategori, seperti fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, bahkan mobil. Dengan memberikan kemudahan kepada konsumen, Lazada juga berharap para merchant dapat memasarkan produknya secara gratis, mudah, dan luas.

         Globalisasi telah mendorong berkembangnya strategi bisnis yang lebih modern dan cerdas, khususnya di Indonesia. Misalnya, Lazada memilih sistem pemasaran berbasis e-commerce dengan menggunakan websitenya sebagai platform transaksi jual beli. Masyarakat Indonesia sedang mengalami pergeseran dalam memahami dan menggunakan belanja online Lazada, dari sekedar browsing website hingga akhirnya berbelanja online. Meski memiliki kelemahan, sistem belanja online masih menjadi pilihan utama banyak masyarakat di Indonesia.

Definisi Pemasaran Internasional

         Secara klasik, pemasaran internasional adalah suatu proses dimana barang atau jasa dipasok oleh produsen kepada konsumen antar negara, baik secara bilateral maupun multilateral.Umumnya produk yang diperdagangkan hanyalah produk fisik. Sedangkan secara moderat, pemasaran internasional adalah kegiatan pemasaran atau penerapan bauran pemasaran antar negara yang bertujuan untuk memuaskan konsumen kedua belah pihak dan multilateral baik berupa produk fisik maupun produk (jasa) non fisik.

         Pemasaran internasional juga dapat diartikan penerapan pemasaran internasional antar negara maupun bilateral dan multilateral dengan permasalahan yang berbeda-beda.

Apa Manfaat Pemasaran Internasional?

           Manfaat pemasaran internasional ada dua. Pemasaran internasional tidak hanya mendukung diversifikasi finansial bisnis Anda, namun juga membantu bisnis Anda menjangkau khalayak global dan memperluas khalayak ke wilayah yang belum tersentuh sebelumnya.

  • Globalisasi dan Jangkauan Pemirsa Jika ada pelanggan di seluruh dunia yang dapat memperoleh manfaat dari produk atau layanan Anda, mengapa membatasi mereka di satu lokasi? Pemasaran internasional dan menjangkau khalayak internasional adalah cara untuk menjangkau khalayak sasaran yang mungkin tidak ada dalam radar domestik anda.
  • Diversifikasi Ekonomi Meskipun perekonomian dengan kinerja terbaik di dunia tampak jelas, namun kenyataannya tidak demikian. Misalnya, meskipun Amerika Serikat memiliki kinerja yang baik di pasar Dow dan Nasdaq pada tahun 2017, salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia hanya berada di peringkat kelima di dunia. Bahkan ketika perekonomian rumah Anda tumbuh, ada pelanggan di seluruh dunia yang ingin berinteraksi dengan merek yang saat ini tidak tersedia bagi mereka. Memilih pemasaran internasional adalah cara melacak pasar dari Amerika Selatan hingga Timur Tengah yang paling menguntungkan Anda saat Anda menjadi merek internasional.

         Lazada, salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, telah berhasil menarik jutaan pelanggan dengan berbagai strategi pemasaran yang efektif. Perusahaan terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online dengan memahami dinamika pasar dan kebutuhan pelanggan. Dalam artikel ini, kami akan membahas lima strategi pemasaran utama yang digunakan Lazada, yang secara signifikan berkontribusi pada kesuksesan dan pertumbuhannya di pasar online.

Perdagangan Internasional (Sumber: bhuanajaya.desa.id)
Perdagangan Internasional (Sumber: bhuanajaya.desa.id)
         Adapun strategi dan inovasi Lazada dalam meningkatkan konsumen dalam penggunaan Lazada, antara lain:
  • Pengiriman Cepat Gratis Ongkir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun