Mohon tunggu...
Samsinar Sambo
Samsinar Sambo Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 31

Seorang guru plus sebagia ibu rumah tangga yang selalu ingin membahagiakan keluarga dan selalu ingin berbagi ilmu kepada siswanya dan berbagi kebahgian kepada sesama.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Dwi Mingguan Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

10 Agustus 2024   00:50 Diperbarui: 10 Agustus 2024   00:52 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jurnal Refleksi modul ini  saya menggunakan model refleksi DEAL (Description, Examination, Articulation Of Learning) yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton.

Description

Pada tanggal 29 Juli 2024 sudah mulai materi modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai=nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.  Dengan  sistem pengerjaanya masih di LMS dengan alur belajar MERDEKA. Kegiatan diawali dengan pretes yang isinya pengetahuan awal tentang modul ya ng akan dipelajari. Dari soal yang saya kerjakan ada yang belum bisa saya pahami terutama terkait dengan pengambilan keputusan. Setelah mengerjakan tes kegiatan selanjutnya selalu sama yaitu Mulai dari diri yang isinya CGP melakukan refleksi bagaimana sikap pengambilam keputusan yang dilaksankan selama ini jika dihadapkan dengan kasus dilema etika. Selanjutnya Eksplorasi  Konsep dengan materi 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan atas kasus yang dialami. Di eksplorasi konsep juga disediakan kasus yang harus didiskusikan bersama rekan CGP lainnya menggunakan 9 langka pengujian agar keputusan yang diambil tidak salah. 

Di ruang kolaborasi Kamis, 01 Agustus 2024 sesi 1 kami dibagi menjadi 3 kelompok untuk mencari kasus dan mengAnalisis kasus yang ditemukan atau dialami. Kemudian 02 Agustus 2024 pukul 16: 45 kita bertemu kembali di ruang kolaborasi sesi 2 tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi atas kasus yang dibahas. Kegiatan yang membuat saya harus mencari 3 kepala sekolah yang harus diwawancarai terkait kasus dilema etika atau bujukan moral yang mereka alami dan bagaimana mereka menyelesaikanya. Kegiatan wawancara yang dilakukan harus diupload pada tugas Demonstrasi Kontekstual di LMS

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Pada 7 Agustus 2024 CGP angkatan 10 kelas 031 mengikuti kegiatan Elaborasi pemahaman melalui goomeet dengan instruktur ibu B Ratna kristanti. Beliau memberikan penjelasan bagaimana menentukan kasus dilema etika dan bujukan moral dengan penyelesaianya menggunakan 4 paradigma, 3 prinsip, dan sembilan langkah pengujian dan pengambilan keputusan.

 Dimana pemahaman yang didapat saat elaborasi dituangkan dalam tugas Koneksi antar materi atau mengaikan modul 3.1 dengan modul yang lain. Sebagai tugas akhir adalah Aksi nyata walaupun tidak wajib upload tapi refleksi penerapannya akan didiskusikan dengan PP pada PI berikutnya.

Examination
Setelah 2 minggu mmepelajari modul 3.1 saya mendapat banyak ilmu baru. Dimana sebelumnya saya tidak tahu ada kasus yang dinamakan dilema etika maupun bujukan moral, walaupun kasus yang dimaksud sering saya alami tapi saat mempelajari modul ini baru tahu ada istilahnya. Dikatakan dilema etika jika kasus yang dialami dilema benar lawan benar, sedangkan untuk bujukan moral adalah benar lawan salah. Dalam penyelesain kasus tersebut harus mengadakan analisis berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengujian dalam pengambilan keputusan agar keputusan yang diambil tepat dan tidak merugikan siapapun.

Articulation of Learning

Dari  modul 3.1. banyak pembelajaran yang dapat saya ambil terutama bagaimana mengambil keputusan saat mengalami kasus-kasus di sekolah maupun di tempat lain nantinya.  Ilmu yang saya dapat akan saya terapkan ke depannya sebagai pemimpin pembelajaran. Apalagi saat wawancara 3 kepala sekolah saya juga dapat ilmu dari pengalaman mereka saat mengambil keputusan atas kasus dilema etika dan bujukan moral yang dialami. Pada elaborasi konsep pemahaman CGP  semakin dalam mengenai teori pengambilan keputusan yang sesuai dengan nilai-nilai kebajikan universal. 

Dari ilmu yang sudah saya dapat dalam waktu dekat saya akan mentransfer ilmu saya kepada rekan sejawat agar saat mengalami kasus dilema etika maupun bujukan moral dapat menyelsaikannya dengan mengambil keputusan yang tepat melalui 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Sehingga keputusan yang diambil sesuai dengan nilai-nilai kebajikan universal, dapat dipertanggug jawabkan dan pastinya berpihak pada murid.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun