Mohon tunggu...
Samsinar Sambo
Samsinar Sambo Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 31

Seorang guru plus sebagia ibu rumah tangga yang selalu ingin membahagiakan keluarga dan selalu ingin berbagi ilmu kepada siswanya dan berbagi kebahgian kepada sesama.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak PGP A. 10

3 Mei 2024   15:26 Diperbarui: 3 Mei 2024   15:27 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Guru Penggerak di modul 1.3. saat membuat jurnal Dwi Mingguan. Dalam jurnal refleksi ini saya menggunakan model 4F yaitu Fact, Feeling, Finding yang dikembangkan oleh Bapak Dr. Roger Greenaway yaitu :

1.  Facts (Kenyataan)

     Dua minggu terakhir saya bersama rekan-rekan PGP mempelajari  Visi Guru Penggerak  yang di Mulai dari Diri, Eksplorasi                      Konsep, Ruang Kolaborasi atau yang biasa disebut dengan Rukol, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar        materi, dan Aksi Nyata.

2. Feeling (Perasaan)

     Pada materi kali ini awalnya saya sangat asing dengan BAGJA, yang ternyata tahapan yang harus dilalui dalam mewujudkan visi            yang sudah disusun oleh guru penggerak tersebut. Dimana tahapan dimulai dengan Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali                      Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi yang disingkat menjadi BAGJA. Materi ini sangat bermanfaat buat saya dalam                              merumuskan tujuan atau visi yang  saya dalam mewujudkan profil Pelajar Pancasila pada murid-murid saya.

3.  Finding (Pembelajaran)

      Materi kali ini  membuat saya paham bawah untuk melakukan suatu perubahan yang positif, kita perlu fokus pada kekuatan yang          kita miliki sehingga kita dapat mengarahkannya ke hal yang positif. Untuk mencapai Visi yang diinginkan kita harus                                    melakukan/melalui tahapan BGJA agar visi yang akan kita capai lebih sistematis, terarah, dan terukur.

4. Future (Penerapan)

     Saya akan berkolaborasi dengan teman sejawat dan berkonsultasi dengan kepala sekolah dalam merumuskan visi sekolah yang               berpihak pada murid, tidak lupa mensosialisasikan kepada murid dengan tahapan BGJA untuk memudahkan dalam mewujudkan           visi tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun