Mohon tunggu...
Samsinar Sambo
Samsinar Sambo Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 31

Seorang guru plus sebagia ibu rumah tangga yang selalu ingin membahagiakan keluarga dan selalu ingin berbagi ilmu kepada siswanya dan berbagi kebahgian kepada sesama.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Supervisi Menjadikan Guru Lebih Baik Lagi

6 Februari 2023   23:54 Diperbarui: 7 Februari 2023   00:06 270
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillahi rohmanirrohim

Supervisi adalah usaha yang bertujuan untuk memberikan layanan kepada guru-guru agar mampu memperbaiki metode pengajaran dan kurikulum. Sedangkan supervisi pada guru adalah usaha memberikan pelayanan kepada peserta didik agar guru lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

Yang menjadi supervisor adalah kepala sekolah atau wakur atau yang ditunjuk oleh kepala sekolah. Untuk guru supervisi yang dilakukan adalah supervisi pengajaran yaitu kegiatan kepengawasan yang berfungsi memperbaiki kondisi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Adapun tujuan diadakannya supervisi bagi guru yang disupervisi adalah

  • Membina guru untuk lebih memahami tujuan  dari Pendidikan;
  • Membantu guru meningkatkan kesanggupan dan kemampuan guru untuk mempersiapkan bahan ajar yang baik dan menarik;
  • Membantu guru mengevaluasi kegiatan atau aktivitasnya dalam menumbuh kembangkan kemampuan peserta didik;
  • Meningkatkan kesadaran guru bagaimana bekerja yang koperatif dan demokratis;
  • Membantu guru dalam mendiagnotis kesulitan apa saja yang dialami guru saat mengajar sekaligus cara mengatasinya;
  • Meningkatkan komunikasi dan saling mengawasi dalam satu manajemen sekolah.

Untuk manfaat diadakannya supervisi yaitu untuk meningkatkan mutu Pendidikan , Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing dan memimpin peserta didik,  menjadi penggerak untuk guru -guru agar lebih efektif dalam pengajarannya, untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dialami guru saat proses KBM.

Kebetulan hari ini saya disupervisi oleh wakakur sesuai dengan pemberitahuan dan jadwal yang sudah ditentukan. Sebelum disupervisi oleh supervisor saya harus mempersiapkan :

  • Mental saya terlebih dahulu agar rileks saat disupervisi nanti;
  • Mempersiapkan perangkat supervisi lembar isian pra dan pasca supervisi, buku pelajaran, alat tulis modul ajar, ppt, dan LKPD;
  • Mempersiapkan peralatan yang mendukung lainya seperti leptop, kabel roll, pointer, proyektor sekolah;
  • Mempersiapkan ice breaking yang menarik buat dilakukan siswa sekaligus membuat siswa fokus dan gembira tentunya;
  • Mempersiapkan siswa dengan memberitahukan bahwa saya akan disuversi di kelas mereka oleh wakur dengan materi puisi, agar kelas dapat dikondisikan.

Supervisi dilakukan jam ke 4 dan 5 di kelas 10 PKM. Tepat pukul 10.33 saya sudah berada di kelas dan mempersiapkan apa yang perlu, menyiapkan ppt dengan menyalakan leptop dan proyektor lima menit kemudian supervisor memasuki kelas dan saya pun memulai supervisi dengan

  • Memberi salam
  • Menanyakan kabar sekaligus absensi siswa dan mendoakan yang berhalangan hadir karena sakit agar segera diangkat penyakitnya sehingga besok bisa masuk kembali
  • Meminta siswa untuk melakukan ice breaking, ice breaking kali ini saya pilih ganjil genap dimana setiap siswa harus berdiri berpasangan  berhadap-hadapan dan menentukan siapa yang ganji,dan siapa yang genap kemuadian yang ganjil saya minta angkat tangan untuk mengingatkan posisi mereka selanjutnya saya minta mereka meletakkan tangan kiri dibelakang tubuh kemudian tangan kanan seolah-oleh bersalaman tapi tidak bersentuhan. Kemudian saya akan menyebutkan angka jika saya sebutkan angka ganjil makan yang tadi posisi genap akan menangkap tangan si ganjil sedangkan si ganjil harus berusaha menghindar dan begitu pun sebaliknya.
  • Ice breaking yang dilakukan membantu siswa agar fokus mengingat bilangan ganjil dan genap juga bergerak sehingga siswa yang tadi mengantuk dan lemas bersemangat Kembali
  • Saya menanyakan materi yang sudah dibahas sebelumnya kemudian meminta satu atau dua orang untuk menyampaiakannya.
  • Memberikan pertanyaan pemantik , karena materi saat ini adalah puisi maka pertanyaan yang saya lontarkan adalah apa yang kamu ketahui tentang puisi? Apa itu puisi dan apa saja unsur unsur puisi, apa isi puisi. Alhamdulillah siiswa mampu menjawab pertanyaan yang dengan baik walupun ada beberapa yang kurang sesuai tapi sudah membuat saya semangat melanjut supervisi
  • Setelah tanya jawab saya menyampaikan materi puisi dengan menayangkan ppt yang telah saya buat semenarik mungkin.
  • Siswa saya minta duduk berdasarkan kelompoknya kemudian saya membagikan LKPD untuk dikerjakan secara kelompok atau diskusi. Namun sebelum diskusi saya menjelaskan kriteria penilain terlebih dahulu saat mengerjakan tugas kelompok yaitu kekompakan, Kerjasama, kreatif. Selanjutnya saya meminta satu siswa untuk membacakan puisi yang saya bagikan dengan judul "Dengan Puisi, Aku" yang lainnya mendengarkan kemudian menjawab pertanyaan yang Sudah tertera di LKPD secara berkelompok.
  • Setelah diskusi lebih kurang 30 menit kemudian persentasi bagi kelompok yang sudah selesai yang belum dilanjutkan di pertemuan berikutnya.
  • Meminta siswa menyampaikan kesimpulkan yang diambil dari materi puisi.

Alhamdulillah supervisi saya hari ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti padahal sebelum supervisi saya sangat gugup dan deg-degan sampai bolak-balik kamar mandi. Walupun sudah setiap hari mengajar tetap saja saat disupervisi masih gugup.

Mudah-mudahan nilai supervisi saya kali ini lebih baik dari supervisi semester ganjil kemarin amiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun