Mohon tunggu...
salwa salsabilla
salwa salsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tipologi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MTs Salafiyah

12 Desember 2022   13:29 Diperbarui: 12 Desember 2022   13:53 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tipologi Belajar adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah proses belajarnya, sehingga siswa lebih mudah menerima dan mengolah informasi dengan cepat.

Tipologi Belajar sebenarnya banyak, bahkan tidak sedikit orang yang dapat belajar dengan semua tipe belajar yang ada. 

akan tetapi, ada 3 tipe belajar yang umum dan yang paling utama, yaitu : 

  • Tipe Belajar Visual, yaitu tipe belajar dengan cara melihat.
  • Tipe Belajar Audiotorial, yaitu tipe belajar dengan cara mendengar.
  • Tipe Belajar Kinestetik, yaitu tipe belajar dengan cara bergerak.

penulis dan kelima rekannya melalukan observasi ini untuk mengetahui tipe belajar yang dimiliki beberapa siswa MTs Salafiyah dan sebagai informasi bagi siswa yang diteliti bahwa proses pembelajaran akan lebih mudah dan menyenangkan jika masing-masing dari mereka mengetahui tipe belajar apa yang dimiliki.

informasi lebih lengkapnya, penulis melalukan observasi ini di MTs salafiyah desa Bedahan, Sawangan, Depok. Sampel yang peneliti gunakan sebanyak 12 orang siswa kelas IX, dengan masing-masing 2 orang siswa per peneliti. 

Data yang diperoleh adalah hasil dari wawancara dan juga pengisian angket yang terdiri dari beberapa pertanyaan terkait. Angket yang digunakan adalah untuk mengumpulkan tentang tipe belajar siswa, sedangkan wawancara yang dilakukan adalah untuk memperkuat hasil atau jawaban yang telah dijawab oleh masing-masing siswa.

proses pengisian angket oleh siswa MTs Salafiyah. Dokpri
proses pengisian angket oleh siswa MTs Salafiyah. Dokpri

karena sadar akan banyaknya permasalahan yang membatasi. Maka, penulis hanya memfokuskan penelitian atau membatasi permasalahan yaitu, "Tipologi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika" 

Hal itu dikarenakan terbatasnya waktu yang tersedia dan siswa tengah melaksanakan ujiah akhir semester dan harus segera pulang kerumahnya untuk belajar.

hasil dan pembahasan 

berdasarkan hasil penelitian pada dua orang siswi kelas IX MTs Salafiyah, peneliti dapat menyimpulkan bahwa keduanya orang siswa tersebut memiliki tipologi belajar yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun