Mohon tunggu...
Sashfrsy
Sashfrsy Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi, yang sedang menempuh pendidikan untuk meraih gelar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN UNRAM Desa Genggelang Kolaborasi Bersama DISPERINDAGKOP Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian Maju dan Berkelanjutan Dari Kebun Ke Pasar

15 Januari 2025   14:33 Diperbarui: 15 Januari 2025   20:58 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar. Dokumentasi Sosialisasi

Lombok, 15 Januari 2025 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram, yang ditempatkan di Dusun Lias Desa Genggelang Kecamatan Gangga, mengadakan Sosialisasi mengenai Pertanian Maju dan Berkelanjutan Dari Kebun ke Pasar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya di Dusun Lias mengenai tata cara memasarkan produk hasil pertanian secara efektif sekaligus mempromosikan praktik pertanian yang berkelanjutan.

Acara yang diselenggarakan dihadiri oleh, Perangkat Desa, Kelompok Tani, Kepala Dusun, dan masyarakat Dusun Lias. Dalam sosialisasi ini, Mahasiswa KKN UNRAM menghadiri pemateri dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, yang diwakilkan oleh L. Moh. Maya Junaidi, SE. yang memberikan materi terkait bagaimana membuka peluang pasar seperti tata cara memasarkan produk, pentingnya branding dalam meningkatkan daya saing produk, serta teknik meningkatkan kualitas dengan inovasi dan branding. 

Sumber Gambar. Foto Dokumentasi Sosialisasi
Sumber Gambar. Foto Dokumentasi Sosialisasi

Fokus utama dari program sosialisasi ini ialah bagaimana memanfaatkan hasil panen dengan optimal hingga 100%.  Para Kelompok Tani maupun masyarakat lainnya perlu memahami bahwa hasil pertanian tidak hanya tentang kualitas, namun juga tentang bagaimana hasil dari pertanian bisa diolah dan di inovasi menjadi produk baru yang dikemas dan dipasarkan. 

Dengan adanya branding produk dapat menambah daya tarik konsumen serta membuka peluang pasar yang lebih luas. Masyarakat juga diberikan pemahaman mengenai kriteria pengemasan yang baik dan estetika kemasan yang termasuk dengan, desain, logo, dan memilh nama merk yang menarik dan konsisten, serta memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk hasil panen, tidak hanya itu, tetapi juga mahasiswa KKN PMD UNRAM memberikan demonstrasi langsung tentang cara pengemasan produk yang menarik. 

Sumber Gambar. Dokumentasi Sosialisasi
Sumber Gambar. Dokumentasi Sosialisasi

Pemanfaatan bahan mentah menjadi suatu produk yang dapat melalui tiga proses yakni, pengolahan, pengemasan, dan pemasaran atau branding. Dusun Lias memiliki berbagai macam sumber daya pada hasil perkebunan dan pertanian salah satunya yaitu talas. Kelompok KKN PMD UNRAM Desa Genggelang tahun 2024/2025 mengolah talas menjadi keripik talas. Dalam pengolahan perlu diperhatikan kualitas setiap bahan yang digunakan. Pengemasan juga perlu dilakukan dengan minat konsumen. Setelah itu dapat melakukan pemasaran produk baik melalui online maupun offline. 

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dalam mendukung pemberdayaan masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat Dusun Lias untuk lebih percaya diri dan terampil dalam berinovasi dan memasarkan hasil pertaniannya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun