Mohon tunggu...
salsepa zenasvito
salsepa zenasvito Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

jika ada update maka itu untuk tugas

Selanjutnya

Tutup

Games

Lonjakan Game Cash-Grab: Ketika Industri Game Mulai Tenggelam dalam Monetisasi Berlebihan

13 Januari 2024   00:02 Diperbarui: 13 Januari 2024   11:20 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini, industri game menghadapi situasi yang semakin rumit, di mana beberapa game terkenal dianggap sebagai "cash-grab" yang mengutamakan keuntungan daripada pengalaman bermain yang baik. Lonjakan fenomena ini menimbulkan perdebatan di kalangan para pemain dan developer game. Artikel ini akan menjelaskan beberapa contoh terkini dari praktik monetisasi berlebihan dalam industri game.

1. Reaksi Reddit terhadap Starter Pack Destiny 2: Kritik Pedas Terhadap Kebijakan Monetisasi

Destiny 2 merupakan permainan yang dikenal memiliki kurva pembelajaran yang tinggi bagi gamers baru. Hal ini disebabkan oleh kurangnya akses ke ekspansi awal dalam permainan. Untuk mengatasi masalah ini, studio pengembang merilis paket awal Destiny 2 yang ditujukan untuk pemain baru.

Namun, paket awal Destiny 2 ini mendapat kritik keras dari gamers di platform Reddit. Banyak gamers yang menganggapnya sebagai "cash grab" yang tidak adil. Beberapa gamers bahkan menyatakan bahwa permainan ini tidak layak dimainkan. Mereka merasa bahwa harga paket awal Destiny 2 terlalu mahal dan item-item yang ditawarkan seharusnya dapat diperoleh dengan cara yang lebih mudah di dalam permainan. Kritik ini menggarisbawahi kekecewaan gamers terhadap kebijakan monetisasi yang diadopsi oleh pengembang Destiny 2.

2. Kontroversi di Balik Modern Warfare 3: Kecurangan Warzone Gunakan Kembali

Dalam trailer gameplay terbaru dari Call of Duty: Modern Warfare 3, terlihat penggunaan kembali aset-aset Warzone yang sama. Hal ini menuai kritik pedas dari pemain yang menganggapnya sebagai upaya pemainan yang tidak adil dan moneter yang tidak etis.
Kritik tersebut dapat dimaklumi mengingat penggunaan ulang konten oleh studio pengembang yang terlihat kurang berinovasi. Beberapa gamers merasa bahwa praktik seperti ini tidak hanya merugikan, tetapi juga merusak integritas permainan yang semestinya dianggap serius. Hal ini memunculkan pertanyaan tentang penanganan etis dan kesetaraan peluang dalam industri permainan.

3. Implikasi Biaya Runtime Unity: Dukungan dan Kontroversi dari Pengembang

Bulan lalu, Unity mengumumkan kebijakan baru yang berdampak signifikan bagi para developer game. Mulai tanggal 1 Januari 2024, setiap pemakaian mesin Unity akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah instalasi pada perangkat baru.

Kebijakan ini memicu perdebatan di kalangan developer game. Ada yang merasa kebijakan ini adil untuk memastikan developer game ikut serta dalam keuntungan yang diperoleh dari kesuksesan permainan mereka. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa biaya ini terlalu tinggi dan dapat membebani developer yang baru memulai.

Ketidakpuasan terhadap kebijakan ini juga disebabkan oleh perubahan harga langganan Unity Plus yang telah dihentikan dan penggantiannya dengan Unity Pro. Banyak developer game merasa kecewa karena mereka harus membayar lebih mahal setelah langganan Unity Plus berakhir.

Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun