Mohon tunggu...
Salsa Rahmah
Salsa Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Modifikasi Penggunaan Alat Peraga Geoboard Materi Bangun Datar

11 Juni 2023   23:15 Diperbarui: 11 Juni 2023   23:23 842
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://apps.mathlearningcenter.org/geoboard/

Buku pelajaran matematika membahas tentang logika dari segi bentuk, susunan, besaran, dan konsep. Bidang matematika dibagi menjadi tiga cabang: aljabar, analisis dan geometri. Geometri merupakan salah satu konsep matematika yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Geometri adalah cabang matematika yang mempelajari hubungan antara titik, garis, bidang, bangun datar dan bangun datar (Dolhasair dkk., 2017). Alat peraga Geoboard adalah media pembelajaran yang terbuat dari papan berpaku yang biasa dipakai dalam pembelajaran materi geometri (Mayasari dkk., 2017). Alat peraga ini tentunya dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan dari materi yang belum dipahami.

Penggunaan media pembelajaran papan tulis geoboard untuk mempelajari materi matematika meningkatkan pemahaman terhadap konsep matematika siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi sambil praktek dengan benda yang nyata (Sopian dkk., 2020). Hasil belajar siswa sering dijadikan tolok ukur penilaian kinerja akademik, sebagai cerminan kemampuan siswa selama proses pembelajaran, dan sebagai indikator pencapaian tujuan pembelajaran (Asmuni, 2020). Faktanya, matematika sulit bagi banyak siswa. Asumsi ini dapat dikaitkan dengan pembelajaran yang berlangsung kurang menarik, guru tidak memenuhi perannya sebagai guru, guru tidak menggunakan sumber daya pendidikan, dan guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. ada lebih banyak atau lebih sedikit formula. Hal ini menyebabkan guru tidak dapat menggunakan model pembelajaran secara optimal dan mengurangi keefektifan pembelajaran (Firdayati, 2020)

Dengan memodifikasi alat peraga geoboard diharapkan dapat menjadikan motivasi bagi siswa untuk terus belajar matematika terutama pada materi bangun datar. Kita sebagai seorang guru dapat memodifikasi alat peraga geoboard dengan berbagai cara. Salah satu yang bisa kita kembangkan yaitu dengan cara menggunakan Geoboard dengan warna yang berbeda Misalnya, menggunakan geoboard dengan warna merah untuk segi empat, biru untuk segitiga, dan hijau untuk lingkaran. Dengan menggunakan warna yang berbeda, siswa dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis bangun datar yang sedang dipelajari. Modifikasi geoboard yang digunakan untuk membuat pola dapat dilakukan dengan memberikan siswa beberapa aturan atau ketentuan dalam membuat pola menggunakan geoboard. Misalnya, siswa dapat diminta untuk membuat pola simetri atau pola dengan urutan bilangan. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan visual siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka tentang bangun datar.

Modifikasi lain yang dapat dilakukan adalah mengintegrasikan penggunaan geoboard dalam penyelesaian masalah bangun datar. Siswa dapat diberikan masalah yang membutuhkan penggunaan geoboard sebagai alat bantu untuk mencari solusinya. Misalnya, mereka dapat diminta untuk mencari luas suatu bangun datar dengan memanfaatkan geoboard. 

Hal ini akan membantu siswa mengembangkan pemikiran kritis dan kemampuan problem-solving mereka.Menghubungkan Geoboard dengan Teknologi Modifikasi terakhir yang dapat dilakukan adalah menghubungkan penggunaan geoboard dengan teknologi. Misalnya, menggunakan aplikasi atau perangkat lunak simulasi geoboard yang dapat diakses melalui perangkat komputer atau tablet. Dengan menggunakan teknologi ini, siswa dapat lebih mudah melakukan eksplorasi dan percobaan dengan berbagai konfigurasi bangun datar. Mereka juga dapat menggabungkan geoboard virtual dengan alat peraga fisik untuk pengalaman pembelajaran yang lebih menyeluruh.

Referensi :

Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy: Jurnal Paedagogy: ikanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281--288. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Dolhasair, G., Istiyati, S., & Karsono, K. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 5(3), 111--118.

Firdayati, L. (2020). Penggunaan Model Elpsa Dengan Alat Peraga Geoboard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 29--40. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.374

Mayasari, N., P, N. I., Novianti, D. E., Indriani, A., & Noeruddin, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geoboard Dalam Pembelajaran Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Segi Empat Dan Segitiga. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 60--65.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun