Mohon tunggu...
Qothrunnada Salsabila
Qothrunnada Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tren Consumer Behavior atau Perilaku Konsumen di Era Digital

9 Juni 2022   13:56 Diperbarui: 9 Juni 2022   14:06 1879
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keberhasilan suatu usaha, terutama badan usaha yang bergerak dalam industri perdagangan, membutuhkan analisis perilaku konsumen untuk memajukan usahanya. Hal ini disebabkan karena analisis perilaku konsumen dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan perdagangan dalam industri atau usaha tersebut. 

Perilaku konsumen sendiri merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat berguna bagi Manajemen Pemasaran dan pelaku usaha pada umumnya. Mempelajari perilaku konsumen menjadi hal yang penting, agar perusahaan dapat menentukan langkah dan tindakan agar produk yang ditawarkan oleh usahanya dapat mengalami peningkatan penjualan.


Perilaku konsumen sendiri sebenarnya dilatarbelakangi oleh banyak hal. Di era teknologi digital saat ini, kecanggihan teknologi dan kemunculan media sosial memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumen. 

Dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi internet ini telah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk menyukseskan usahanya. Hal ini disebabkan karena teknologi digital dan media sosial memberikan prospek menarik bagi kedekatan interaksi virtual antara pelanggan dan pelaku usaha. 

Proses pemasaran yang dilakukan di media sosial dengan pemanfaatan teknologi digital dapat membantu produk ter promosikan dengan baik. Media sosial membantu mempromosikan produk ke berbagai jenis konsumen di berbagai wilayah di Indonesia.


Kepopuleran media sosial di era teknologi digital saat ini, seperti tren penggunaan Tik Tok, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menganalisis perilaku konsumen di era digital saat ini. Berbagai aktivitas yang ada di dalam sosial media tentunya memberikan pengaruh kepada konsumen. 

Hal ini disebabkan karena tingginya interaksi penggunaan media sosial tersebut oleh konsumen. Di era teknologi digital saat ini media sosial dapat dikatakan menjadi sebuah alat penting bagi pelaku bisnis untuk memudahkan perusahaan berkomunikasi dan mengetahui keinginan dari pelanggan.


Analisis perilaku konsumen di era digital saat ini menjadi variabel penting bagi kemajuan usaha agar perusahaan dapat memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Untuk memahami lebih jauh tentang perilaku konsumen di era digital saat ini, perlu pula dipahami beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen lewat media sosial. Pertama, perilaku konsumen di era digital saat ini banyak yang mempertimbangkan ulasan dari influencer kesukaannya. 

Saat mencari produk yang diinginkan, membaca atau melihat ulasan dari influencer dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian. Ulasan yang bagus tentunya memberikan peluang lebih banyak produk tersebut dibeli, daripada ulasan yang buruk. 

Kedua, branding unik perusahaan lewat iklan. Cara perusahaan mempromosikan produknya lewat iklan pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen karena lewat cara ini perusahaan dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. 

Iklan yang menarik tentunya akan menyita perhatian dari konsumen dan menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian. Iklan saat ini tidak hanya berfokus pada jenis iklan televisi atau radio semata. Di era teknologi digital yang semakin canggih saat ini, iklan produk dapat divariasikan dalam beberapa jenis media. Salah satunya penggunaan media sosial untuk menyebarluaskan iklan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun