Dakwah adalah upaya untuk menyeru, mengajak, dan memanggil manusia untuk beriman kepada Allah SWT. Tuhan semesta alam sesuai dengan ajaran agama islam. secara bahasa dakwah berasal dari kata da'a yang berarti memanggil, mengundang, ajakan,dan imbauan.
Zaman sekarang ini dakwah mulai mengalami perkembangan karena dipengaruhi oleh perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika dulu kita biasa melihat orang-orang berdakwah hanya dari satu majelis ke majelis yang lain atau dari satu panggung acara ke panggung acara lainnya. Seperti Maulid Nabi Muhammad SAW. Sekarang dakwah mulai melalui media digital, baik di handphone, radio, televisi dan sebagainya. Media digital saat ini sudah banyak memperngaruhi masyarakat zaman sekarang, terutama dari segi penyampaian dakwah. Dakwah melalui media digital akan mudah diakses orang lain karena bersifat umum, dan dapat dikunjungi kapanpun dan dimanapun. Alasan tersebut juga yang menjadi pandangan masyarakat saat ini.
Dakwah melalui digital adalah upaya utntuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan melalui media digital. Berikut beberapa strategi Dakwah Era Digital :
1. Membangun Brand Personal sebagai seorang Da'i di Era Digital
Menciptakan identitas pribadi yang kuat dan dikenal di dunia digital sebagai seorang Da'i (pembicara/pemberi dakwah). Ini melibatkan pembentukan citra yang konsisten, nilai-nilai yang dipegang, dan gaya penyampaian yang unik, sehingga orang dapat mengidentifikasi Anda sebagai figur dakwah yang kredibel dan relevan
2. Memanfaatkan Sosial Media untuk Menjangkau Pendengar Target
Artinya, menggunakan platform sosial media seperti Instagram, YouTube, Twitter, dan lainnya untuk menghubungi dan berinteraksi dengan audiens yang menjadi target dakwah. Dengan memanfaatkan media sosial, seorang Da'i dapat mencapai audiensnya secara lebih luas, menyampaikan pesan dakwah, dan menjalin interaksi yang lebih langsung.
3. Meningkatkan Kualitas Konten Dakwah di Era Digital
Ini merujuk pada upaya untuk meningkatkan standar dan kualitas konten dakwah yang disajikan melalui platform digital. Hal ini mencakup penyampaian pesan yang lebih efektif, produksi konten visual yang menarik, dan konten yang relevan dengan kebutuhan dan keinginan audiens. Tujuannya adalah agar konten dakwah memiliki dampak yang lebih positif dan berdaya ungkit.
4. Membangun Teknologi Virtual dan Augumented Reality