Mohon tunggu...
Salsa Kamila jannah
Salsa Kamila jannah Mohon Tunggu... Sales - Mahasiswa Mercu Buana

Mahasiswa Magister akuntansi - Nim 43223110068 - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Mercu Buana - Pendidikan Anti Korupsi dan Etik Prof. Dr. Apollo Daito, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manajemen Waktu Weton untuk Pengendalian Diri dan Penentuan Hari Baik

19 Oktober 2024   02:05 Diperbarui: 19 Oktober 2024   02:27 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manajemen waktu ialah perencanaan dan pelaksanaan sesuatu, baik dalam bentuk waktu, agar penggunaan menjadi  lebih  baik  atas waktu  yang  dimilikinya. 

Tujuan  manajemen  waktu  adalah mengatur  dan  juga  solusi  bagi  setiap  individu  atau  kelompok untuk menentukan tujuan, menghindari bentrokan, mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan serta membuang rasa suka menunda-nunda dari  kegiatan  yang  ingin  dikerjakan. 

Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengaturan  produktivitas  waktu  adalah  bagian  dari manajemen waktu. 

 Pengorganisasian termasuk dalam salah fungsi dari management yang mempunyai tujuan pembagian tugas sesuai kemampuan yang ada, fungsi ini diperlukan untuk mengatur sebuah kelompok atau organisasi yang mana di dalam sebuah perusahaan atau organisasi ada tugas yang harus dibagikan sesuai jabatan dan kapasitas masing-masing.  

Menurut Professor Erich. C Dierdoff dalam artikel yang ditulis untuk Harvard Business Review, time management yang baik harus dimulai dengan langkah-langkah 3A, yakni: 

  • Awareness (Kesadaran) yaitu Kesadaran untuk bisa mengenali diri sendiri secara realistis. 
  •  Arrangement (Penataan) yaitu dapat mengidentifikasi tujuan time management yang ingin dicapai.
  • Adaptation (Adaptasi) yaitu dapat menyesuaikan diri dengan ritme hidup yang berubah setelah menerapkan manajemen waktu dengan lebih baik.

Jika gagal dalam memanajemen waktu, maka akan berdampak buruk bagi kehidupanmu, baik secara pribadi maupun secara sosial. Beberapa efek negatif jika manajemen waktumu tidak tepat: 

  • Tidak tepat waktu Seseorang yang memiliki manajemen waktu yang buruk akan selalu terlambat atau selalu lembur.
  •  Mudah stress mengingat banyaknya pekerjaan yang tertunda, membuat diri tertekan karena merasa kekurangan waktu setiap harinya.  
  • Kurang tidur Saat seseorang tidak memanajemen waktunya dengan baik, maka bisa dipastikan akan memiliki jadwal tidur yang berantakan.
  • Mudah sakit Tidak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur dan tidak berolahraga mengakibatkan mudah stres dan akan mudah terserang penyakit.

tantangan mendasar time management yang efektif adalah memahami perbedaan antara "urgent" dan "important", "mendesak" dan "penting".  Aktivitas dapat dikelompokkan atas empat yaitu: 

a. Aktivitas yang mendesak dan penting Untuk menentukan skala prioritas, coba belajar untuk fokus pada hal yang paling mendesak dan paling penting. Biasakan untuk meninjau kembali list yang sudah dibuat.

b. Aktivitas yang penting tapi tidak mendesak Masukkan tugas dan pekerjaan yang penting dan dapat dicicil secara bertahap. Walaupun tidak mendesak, namun harus ditentukan target penyelesaian agar sesuai dengan rencana. 

c. Aktivitas yang mendesak tapi tidak penting Tahap ini berisi hal-hal yang tidak penting namun tetap harus dikerjakan. 

d. Aktivitas yang tidak mendesak dan tidak penting Pada tahap ini aktivitas nya tentu sangat minim, sebab skala prioritas dari kegiatan ini hampir tidak ada.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun