Pendahuluan
Di era digital saat ini, kemampuan teknologi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kemampuan digital skill (keterampilan digital) menjadi semakin penting bagi individu untuk dapat bersaing dan beradaptasi di lingkungan kerja yang semakin dinamis dan kompleks. Dalam bidang pendidikan teknologi informasi, keterampilan digital sangat diperlukan bagi siswa yang ingin bersaing di dunia yang semakin kompetitif. Dengan keterampilan digital, siswa dapat memahami informasi digital, menggunakan teknologi untuk mencari, mengevaluasi dan mengelola informasi, serta berkomunikasi dan berkolaborasi menggunakan media digital.
Pentingnya meningkatkan keterampilan digital dalam pendidikan telah disorot, karena hal ini diperlukan untuk membekali lulusan dengan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia yang semakin berbasis teknologi. Hal ini juga sejalan dengan tujuan Pendidikan Teknologi Informasi yang dirancang untuk menciptakan lulusan yang mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif.
Melalui artikel ilmiah ini, akan dibahas urgensi keterampilan digital dalam Pendidikan Teknologi Informasi dan bagaimana meningkatkan kompetensi digital bagi pelajar dan mahasiswa. Diharapkan artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai pentingnya keterampilan digital dalam pendidikan.
Kajian Pustaka
Kemampuan untuk menggunakan teknologi digital secara efektif adalah keterampilan digital (digital skill). Keterampilan digital mencakup semua keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja dengan teknologi, mulai dari keterampilan dasar hingga keterampilan yang lebih spesifik bagi para profesional di bidang TIK (Motyl et al., 2017). Sedangkan menurut Van Deursen dkk, keterampilan digital dapat dibagi menjadi empat kategori: keterampilan teknisi digital (digital technician skill), keterampilan komunikasi digital (digital communication skill), analisis digital (digital analysis), dan pemikiran digital (digital thinking) (Van Deursen et al., 2016). Keterampilan digital perlu dimiliki oleh berbagai kalangan masyarakat saat ini, terutama anak muda yang generasinya identik dengan smartphone. Dengan memiliki keterampilan digital, orang akan lebih siap menghadapi tantangan teknologi saat ini, yang dalam kondisi tertentu dapat menghasilkan nilai ekonomi darinya.
Metode
Metode pelaksanaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Melalui studi kepustakaan, peneliti mengumpulkan data untuk mendukung penelitian melalui berbagai sumber yang relevan seperti buku, jurnal, dan artikel.
Pembahasan
Berbagai sumber menunjukkan bahwa saat ini media digital berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan, media digital dijadikan sebagai media pembelajaran di masa pandemi yang ditempuh dalam bentuk belajar dari rumah. Hal tersebut sangat positif, karena siswa dipersiapkan untuk memahami kompetensi digital. Kompetensi digital merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki siswa di abad 21 ini. Hal ini didukung oleh pendapat Hoyles dan Lagrange (Putrawangsa dan Hasanah, 2018) yang mengatakan bahwa media digital merupakan hal yang paling mempengaruhi bidang pendidikan di semua negara saat ini. Empat kompetensi digital terpenting yang harus dimiliki siswa adalah pemahaman informasi, komunikasi, pembuatan konten, dan keamanan (Giovanni & Komariah, 2020). Masing-masing kompetensi tersebut memiliki ruang lingkup tertentu yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Semakin baik siswa menguasai kompetensi tersebut, maka tingkat literasi digital mereka akan semakin tinggi. Tingkat literasi digital yang tinggi ini berdampak positif pada hasil belajar siswa yang semakin baik.
Saat ini, ada berbagai jenis keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia digital. Ini termasuk keterampilan literasi digital dasar, keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, dan keterampilan khusus untuk profesional TIK, seperti keterampilan yang berkaitan dengan pengembangan teknologi digital baru. (Motyl et al., 2017).