Nama : Salsabillah Ayu HeryatiÂ
Kelas : 2D MPIÂ
Npm : 2010631120132
Prodi : Manajemen Pendidikan IslamÂ
Fakultas Agama IslamÂ
Universitas Singaperbangsa Karawang
Dimasa pandemi ini rutinitas belajar yang biasa diadakan secara tatap muka, berganti menjadi daring online. Himbauan untuk belajar dirumah juga sudah disampaikan pemerintah sejak pertengahan Maret 2020 silam. Peralihan pembelajaran daring ( online ) keranah digital menjadi segalanya berubah. Perubahan dan peningkatan kompetensi setiap guru sangat dibutuhkan secara cepat untuk bisa beradaptasi dengan baik dengan kecepatan teknologi yang makin berkembang.Â
Melakukan perubahan tentu membutuhkan strategi dan langkah yang harus disiapkan bagi setiap guru untuk bisa tampil semenarik dalam pembelajaraan online. Perjalanan pribadi guru menjadi hebat di tengah wabah covid-19 ini, tergantung pada prinsip masing-masing guru itu sendiri dan dibutuhkan semangat kreatifitas dan dedikasi. Tidak ada guru yang hebat terlahir dengan sendirinya, tetapi perlu belajar dan beradaptasi dengan perubahan dunia pendidikan yang begitu cepat, disinilah dibutuhkan ketepatan dan strategi yang tepat.Â
Pandemi ini mengubah banyak hal yang terjadi, dalam situasi normal biasanya mengajar praktek teori di sekolah, namun di masa pandemi ini pembelajaran hanya bisa dilaksanakan lewat daring ( online ). Yaitu dengan memberikan materi berupa vidio pembelajaran dan file power point yang dibuat oleh guru tersebut dan kemudian di share ke grup Whatsaap sesuai dengan jadwal mengajar. Â
Interaksi dengan siswa dilakukan di grup Whatsaap yang sudah dibuat tersebut, adapun tugas yang harus dikerjakan oleh siswa biasanya berupa mengerjakan soal tulis, menyalin materi singkat, membuat vidio dan lain sebagainya.Â
Selama pembelajaraan online ini, baik  ulangan harian penilaian tengah semester, semuanya menggunakan google form. Banyak kelebihan menggunakan google form diantaranya yaitu mudah dibuat, dapat disisipkan vidio pembelajaran sehingga sebelum mengerjakan soal siswa diarahkan untuk melihat vidio pembelajaran tersebut. Soal-soal dapat disertai gambar berwarna sehingga  menarik bagi siswa, guru tidak perlu mengoreksi jawaban siswa secara langsung karena score siswa otomatis akan muncul sesaat setelah siswa mengerjakan soal.Â