Di zaman sekarang ini etika pelayanan di dalam sebuah instansi atau kantor yang berkaitan erat dengan pelayanan publik sangat lah memprihatinkan, dikarenakan banyaknya fungsi yang lari dari fungsi yang sebenarnya. Dan juga terdapat peraturan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik yang ada, namun hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang dirasakan oleh masyarakat.Â
Contoh nya saja banyak masyarakat yang memiliki kepentingan tetapi tidak diutamakan atau banyak yang dihiraukan didalam instansi tersebut. Begitupun sebaliknya, ada masyarakat yang kurang sopan atau pun tidak mau bersabar kepada pegawai yang ada di dalam instansi tersebut.Â
Permasalahan yang berkaitan dengan kinerja pelayanan terhadap masyarakat tidak selalu disalahkan kepada pegawai tersebut, melainkan juga terdapat banyak faktor faktor lain yang dapat menyebabkan kinerja tersebut menjadi tidak baik. Tetapi sebagai tugas nya, pelayan atau pegawai yang berinteraksi langsung ke masyarakat seharusnya bisa berlaku adil dan juga bijak terhadap semua masyarakat tanpa membeda beda kan.Â
Jika pelaku pelayan atau pegawai tersebut bersikap sabar, baik dan adil, tentunya masyarakat akan lebih merasa nyaman dan merasa aman dengan pelayanan tersebut.Â
Etika atau kode etik tersebut sangat berperan penting karena dengan adanya hal tersebut maka bisa menentukan keberhasilan ataupun kegagalan yang dicapai dalam tujuan instansi yang melayani langsung kepentingan masyarakat. Karena etika pelayanan akan mempengaruhi kualitas dan mutu didalam instansi pemerintah yang melayani masyarakat.Â
Untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan, tentunya instansi pemerintah perlu menetapkan strategi pelyanan. Dikarenakan pihak dari pemerintah harus lah dapat bekerja sama didalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Karena setiap masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang baik dan adil dari pemerintah tanpa membeda bedakan status atau pun golongan masyarakat.Â
Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk beretika atau beradap ketika melayani maupun si penerima layanan. Dengan kita beretika baik, tentunya membuat masyarakat atau pemberi layanan merasa nyaman dan aman. Hal itu juga bisa membuat mutu didalam organisasi tersebut bisa naik atau bagus.Â
Oleh :Â
Nama : Salsabila Fithria Putri
Jurusan : Administrasi Negara
Kampus : UIN Suska Riau