Mohon tunggu...
Salsabila Fadila
Salsabila Fadila Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya mahasiswi dari Universitas islam negeri walisongo semarang

hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Etika dalam Bisnis

16 September 2024   17:23 Diperbarui: 16 September 2024   17:27 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 http://images.app.goo.gl/hNqYZMJhdw9rr6

         

Etika bisnis adalah tindakan yang dilakukan dalam kegiatan bisnis dengan tidak menyalahi aturan organisasi dan masyarakat. Dalam keadaan wajar dan sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Setaip tindakan bisnis harus dilandasi oleh moralitas dan prinsip kebenaran yang disertai dengan tanggung jawab. Jadi, antara etika dengan bisnis merupakan dua hal yang saling berhubungan sehingga saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam mejalan bisnis, etika merupakan salah satu faktor utama. Tentu saja membangun dan memperluas jaringan perusahaan dengan lebih baik bukanlah hal yang mudah. Jadi, salah satu untuk mencapainya adalah dengan menerapkan etika pada bisnis anda. 

        Etika bisnis juga menjadi poin positif atau keunggulan tersendiri bagi perusahaan dalam jangka panjang dan menengah. Salah satu fungsi etika bisnis adalah kemampuan untuk menghemat pengeluaran dengan menghindari kemungkinan gesekan atau gangguan internal dan eksternal. Fungsi lain dari etika bisnis adalah memotivasi karyawan untuk untuk terus berkembang, melindungi, prinsip-prinsip kebebasan berdagang atau berbisnis, dan menciptakan keunggulan yang kompetitif. Umumnya perilaku perusahaan yang tidak etis akan membuat konsumen menjadi terpancing dan pada akhirnya muncullah sebuah tindakan pembalasan.

        Etika bisnis tentunya memiki peranan tersendiri bagi perusahaan. Ketika perusahaan menerapkan etika bisnis secara optimal dan konsisten, mereka dapat memetik beberapa manfaat, antara lain :

        1. Meningkatkan Reputasi perusahaan 

Perusahaan yang memperhatikan etika bisnis jadi lebih mudah untuk meningkatkan citra positifnya di pasar dan masyarakat. Tentunya hal ini dapat menarik pelanggan baru melalui sistem dari pemasaran dari ''Mulut ke mulut''. Sebalinya, jika etika perusahaan ini tidak dipetuhi dengan baik, perusahaan dapat menerima citra negatif dari pasar dan pelanggan. Hal ini dapat mengurangi peluang anda untuk menarik pelanggan baru, terutama di media sosial. Jika pelanggan tidak puas dengan layanan anda, biasanya mereka akan membagikan pengalaman negatifnya kepada anda di media sosial.

        2. Perusahaan menjadi lebih dipercaya

Perusahaan yang secara konsisten mengedepankan etika bisnis mendapatkan kepercayaan yang lebih besar di mata pelanggannya. Etika bisnis ini memungkinkan perusahaan untuk menunjukkan bahwa mereka selalu jujur dan tidak pernah menipu pelanggan meraka. Adanya kepercayaan konsumen. Pada akhirnya, konsumen akan merekomendasikan bisnis anda sebagai bisnis yang dapat mereka percaya untuk mematuhi segala macam kebutuhan.

        3. Perusahaan lebih mudah beradaptasi pada perubahan 

Karyawan yang memiliki etika bisnis ditempat kerja merukan kunci utama dari kesuksesan perusahaan. Mereka akan memiliki pemahaman, dapat dipercaya, dapat diandalkan memiliki motivasi,perhatian dan juga bertanggung jawab dengan beradaptasi dengan segala posisi dan pekerjaan yang diberikan kepada mereka. Pada saat perusahaan mengalami kekurangan karyawan karena beberapa karyawan meninggalkan perusahaan karena perubahan, maka karyawan yang memiliki etika bisnis dapat dipercaya dan bertanggung jawab atas perubahan tersebut. Mereka akan berusaha untuk memaksimalkan pekerjaan mereka.

        4. Menciptakan budaya perusahaan yang khas 

Penerapan etika bisnis didalam perusahaan akan menciptakan dan membentuk budaya perusahaan yang khas dan membuat keunggulan dalam perusahaan itu. Dengan terbentuknya budaya yang khas ini akan menciptakan konstribusi pada nilai dan norma yang berlaku pada perusahaan. Dengan adanya hal tersebut, etika bisnis dapat membantu untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik.

        Dengan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam berbisnis. Perusahaan dan individu dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, karyawan, dan masyarakat sekitar serta meningkatkan reputasi perusahaan. Etika bisnis yang baik juga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjang yang berkelanjutan dan memperkuat posisi perusahaan di pasar.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun