Surakarta, 2 Oktober 2024Â - Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan kegiatan psikoedukasi di SMK Negeri 4 Surakarta. Kegiatan ini diinisiasi oleh tim mahasiswa Prodi Psikologi UNS, yang terdiri dari Salsabila Chandra Rusdiana, Florine Mulia, dan Garneta Prameswari Wiwaha.Â
Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan harapan masa depan pada siswa SMK Negeri 4 Surakarta. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan harapan siswa SMK Negeri 4 Surakarta.Â
Sebelum pelaksanaan kegiatan, Mahasiswa Psikologi UNS melakukan need assessment yang dilakukan pada hari Rabu, 13 Agustus 2024 bersama Wakil Kepala Kurikulum dan Guru Bimbingan Konseling. Need assessment ini bertujuan untuk menggali informasi tentang keadaan dan kebutuhan siswa.
Kegiatan Psikoedukasi dilakukan pada hari Rabu, 2 Oktober 2024 di Kelas XI Busana 1 dan XI Busana 2 SMK Negeri 4 Surakarta yang dihadiri oleh 57 siswa. Kelas pertama yang mendapatkan program ini adalah kelas XI Busana 1 pada jam pelajaran pertama dan dilanjutkan dengan XI Busana 2 pada jam pelajaran terakhir.Â
Kegiatan yang ada pada program psikoedukasi ini diawali dengan pengisian pre-test. Setelah itu, siswa diberikan tayangan video pendek yang berkaitan dengan harapan masa depan.Â
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian psikoedukasi tentang harapan masa depan dengan memaparkan slide PowerPoint. Materi psikoedukasi yang masih belum dipahami oleh siswa, dibahas lebih lanjut pada sesi diskusi. Untuk menuangkan harapan siswa, peneliti menyediakan media interaktif pohon harapan yang dapat diisi bersama-sama oleh siswa.Â
Selanjutnya, siswa diminta untuk mengisi post-test yang isinya sama seperti pre-test. Pada akhir program, mahasiswa menyebarkan poster edukasi yang dipajang di 5 mading sekolah. Â
Berdasarkan analisis kuantitatif, dapat disimpulkan bahwa program psikoedukasi ini memberikan impact bagi siswa dalam menumbuhkan harapan masa depan siswa SMK Negeri 4 Surakarta.Â
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa harapan masa depan siswa meningkat, yang ditunjukkan dari peningkatan nilai rata-rata post-test siswa. Siswa juga memberikan umpan balik positif, dilihat dari antusiasme dalam mengikuti program. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pengembangan harapan masa depan siswa SMK dan pelopor diadakannya program serupa.