Assalamualaikum, hi everyone, semoga kalian selalu diberi kesehatan dan dalam lindungan Allah SWT. artikel kali ini membahas tentang "Kelekatan dan Pengasuhan", mungkin banyak yang belum memahami apa itu kelekatan? apa itu pengasuhan?
Kelekatan (Attachment) adalah hubungan emosional atau emosional dengan arti khusus antara satu orang dengan orang lain. Hubungan ini akan bertahan cukup lama dan memberikan rasa aman, meskipun gambar keterikatan tidak terlihat di mata anak.
Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya retardasi pertumbuhan anak usia dini, antara lain pendidikan orang tua yang buruk, asupan gizi yang tidak mencukupi, tingkat sosial ekonomi yang rendah, serta kurangnya pengasuhan dan pendidikan anak. Selain itu, gangguan tumbuh kembang anak seringkali disebabkan oleh kurangnya persiapan mental orang tua. Teori keterikatan (attachment) pertama kali dikemukakan oleh John Bowlby, yang menekankan pentingnya anak membentuk keterikatan pada orang tuanya sejak dini. Attachment adalah kecenderungan kuat untuk mencari kontak dekat dengan karakter tertentu, terutama ketika sulit untuk mendapatkan perlindungan, kenyamanan, dukungan, dan pengasuhan.
Perkembangan kelekatan ini sangat dipengaruhi oleh kepekaan orang tua terhadap respon anak, apakah anak merespon secepat mungkin atau lambat merespon saat anak membutuhkan bantuan, dan apakah respon tersebut merupakan respon yang benar. terbentuk melalui suatu proses, sehingga terbentuklah Keterikatan ini penting karena anak berada pada usia perkembangan dini/awal.
Ada empat mode kelekatan orangtua-anak, yaitu (Scharfe, 2017):
Â
Pola kelekatan yang terbentuk dari interaksi antara orang tua dan anak Ketika anak membutuhkan perlindungan dan kenyamanan, anak akan merasa bahwa orang tua adalah orang yang sensitif, hangat, penyayang dan perhatian. Ketika anak-anak menghadapi ancaman atau situasi yang mengerikan, orang tua akan membantu mereka menghadapi ketakutan itu
      Anak-anak yang mengembangkan keterikatan ini dapat menjalin hubungan yang positif dan hangat dengan orang lain dan percaya dalam berinteraksi dengan orang lain.
Â
Pola kelekatan ini terjadi ketika orang tua lebih menghindari anak sehingga anak merasa ditolak oleh orang tua
Anak yang mengembangkan keterikatan ini pada dasarnya ingin menjalin hubungan dengan orang lain, namun kurang percaya diri, karena takut ditolak/diabaikan dan sulit mempercayai orang lain.
Pola ini terbentuk dari interaksi antara orang tua dan anak, anak bereaksi ketika tidak yakin apakah orang tuanya akan selalu ada dan membantu anak. Ini karena orang tua tidak menanggapi kebutuhan anak-anak mereka secara tidak konsisten
Anak-anak yang mengembangkan keterikatan ini lebih cenderung takut berpisah dalam hubungan dengan orang lain, cenderung bergantung dan membutuhkan perhatian, dan takut tidak dihargai secara positif oleh orang lain.
Pola keterikatan ini terjadi ketika orang tua acuh tak acuh terhadap anak dan memperlakukan anak sebagai orang yang mengerikan
Anak-anak yang mengembangkan keterikatan ini merasa nyaman tanpa hubungan emosional yang erat; mereka tidak perlu menjalin hubungan dengan orang lain karena mereka dapat menyadari sumber kasih sayang mereka; mereka merasa mampu untuk mandiri tanpa kehadiran orang lain.
Metode pengasuhan berdasarkan Hetherington & Whiting (1999)
Merupakan proses interaksi yang utuh antara orang tua. Dengan anak-anak, seperti membesarkan, memberi makan, membersihkan. Melindungi dan menangani sosialisasi anak dan lingkungan sekitar. Rakyat. Orang tua akan memberikan perawatan terbaik untuk anak dan orang tuanya. Akan menjadi panutan bagi anak-anaknya. Pada saat yang sama, menurut Gunarsa (2002) Pola asuh adalah cara interaksi antara anak dan orang tua.Orang tua meliputi tidak hanya pemenuhan kebutuhan fisik (makan,minum, berpakaian, dll.) dan kebutuhan psikologis (emosional) atau perasaan) dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat agar anak dapat hidup harmonis dengan lingkungan. Selain itu, Vashunen (2003) menunjukkan bahwa membesarkan anak adalah seluruh cara untuk memperlakukan orang
Orang tua dari anak-anak, ini adalah bagian penting dan dasar dari persiapan biarkan anak-anak menjadi bagian dari masyarakat yang lebih baik.
        Pengasuhan mengacu pada pendidikan umum pola asuh ditentukan oleh bentuk proses interaksi orang tua (Pengasuh) dan anak-anak (diasuh), termasuk pengasuhan dan dorongan keberhasilan dan perlindungan serta sosialisasi pengajaran perilaku umum yang diterima masyarakat (Hanifan, 2009).
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pola asuh adalah proses interaksi antara orang tua dan anak, termasuk kegiatan merawat, memberi makan, melindungi dan membimbing anak-anak masa perkembangan fisik, psikis dan sosial anak.
Pola asuh seperti ini menggabungkan tuntutan/kontrol yang tinggi dan penerimaan/respon yang rendah. Dipaksa oleh orang tua peraturan, mengharapkan kepatuhan yang ketat, jarang menjelaskan mengapa anak-anak harus mengikuti aturan ini, dan biasanya mengandalkan strategi kekuasaan seperti hukuman fisik untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Orang tua yang otoritatif lebih fleksibel; mereka mengontrol dan gunakan kontrol, tetapi mereka juga reseptif dan responsif. Pertahankan keseimbangan antara persyaratan/kontrol dan dimensi terima/tanggapi. Orang tua membuat aturan yang jelas dan lakukan secara konsisten dan mereka juga menjelaskan rasionalisasinya aturan dan larangan orang tua. Artinya orang tua, beri pemahaman wajar anak tentang aturan dan batasan wajib. Orang tua juga memiliki kekhawatiran tentang kebutuhan anak-anak mereka dan perspektif anak-anak dan melibatkan anak-anak dalam pengambilan keputusan keputusan keluarga. Orang tua menerima pendapat anak-anak mereka demokratis. Meskipun orang tua adalah orang yang membuat keputusan akhir, tapi orang tua tetap menghargai pendapat dan berinteraksi anak.
Pola asuh ini mengandung tuntutan/kontrol yang tinggi penerimaan/respons rendah dan tinggi. memaafkan orang tua kegagalan untuk memberikan struktur dan batasan bagi anak-anak
mereka. Pola asuh Laissez-faire adalah cara mengasuh anak, di mana orang tua memberi anak-anak mereka kebebasan sebanyak mungkin ayo atur sendiri. Anak-anak tidak perlu bertanggung jawab bertanggung jawab dan tidak dikendalikan oleh orang tua. Laissez faire
perlakukan anak sebagai pribadi dan dorong anak tidak disiplin, memungkinkan pengelolaan anak perilakunya sendiri. Dengan pola asuh seperti ini, anak dapatkan kebebasan sebanyak mungkin dari keluarganya. Mereka cenderung tidak memarahi atau memperingatkan anak jika anak berada dalam bahaya dan memberikan sedikit bimbingan oleh mereka.
semoga artikel saya bermanfaat, terimaasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H