Mohon tunggu...
Salsabila Alifah Saripudin
Salsabila Alifah Saripudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Mercu Buana

Salsabila Alifah Saripudin | NIM 43223010164 | Mahasiswa | S1 Akuntansi | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Mercu Buana | Dosen Pengampu : Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kebatinan Ki Ageng Suryomentaram pada Upaya Pencegahan Korupsi dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri

28 November 2024   23:18 Diperbarui: 28 November 2024   23:18 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Biografi Singkat Ki Ageng Suryomentaram

Ki Ageng Suryomentaram, yang merupakan anak ke-55 dari 79 putra dan putri Sultan Hamengku Buwono VII, lahir dari pernikahan Sultan dengan selir B.R.A. Retnomandoyo, putri dari Patih Danurejo VI. Sebagai bagian dari keluarga keraton, kehidupan Ki Ageng Suryomentaram tak lepas dari pengaruh budaya Jawa yang kaya akan nilai-nilai spiritual dan filosofi kehidupan. Namun, kegelisahan mendalam muncul dalam dirinya ketika ia merasa kesulitan untuk menemukan hakikat sejati manusia. Rasa penasaran dan keinginan untuk menggali lebih dalam tentang kehidupan batin membuatnya mencurahkan perhatian pada pencarian pengetahuan batin, yang dikenal dengan istilah "Kawruh Jiwa."

Ajaran Kawruh Jiwa yang diajarkan oleh Ki Ageng Suryomentaram bukan hanya sekadar pencarian pemahaman tentang dunia luar, tetapi lebih kepada pengetahuan dalam diri sendiri yang dapat membawa seseorang pada kedamaian batin. Ia menekankan pentingnya pengendalian diri, introspeksi, dan kedalaman spiritual sebagai dasar dalam menjalani kehidupan yang bijaksana. Ajaran ini memandang manusia tidak hanya sebagai makhluk fisik, tetapi juga sebagai entitas yang memiliki jiwa dan potensi spiritual yang besar.

Dalam konteks sosial-politik Indonesia yang sering kali dilanda korupsi, ajaran Ki Ageng Suryomentaram memiliki relevansi yang sangat penting. Dalam upaya membentuk karakter pemimpin yang adil dan bijaksana, ajaran ini mengingatkan bahwa pemimpin yang sejati harus mampu mengendalikan dirinya, menyadari kesalahan dan kelemahannya, serta memiliki kebijaksanaan yang mendalam dalam membuat keputusan. Transformasi diri yang dimaksud dalam ajaran ini berkaitan erat dengan upaya mencegah penyalahgunaan kekuasaan, yang menjadi salah satu tantangan besar bagi kepemimpinan di Indonesia.

Pendahuluan

Ki Ageng Suryomentaram adalah seorang tokoh kebatinan dari Jawa yang dikenal dengan ajaran-ajarannya yang mendalam tentang kehidupan batin dan kesadaran diri. Sebagai bagian dari keraton Yogyakarta, pemikirannya tidak hanya berfokus pada aspek spiritual pribadi, tetapi juga menawarkan pandangan yang sangat relevan untuk mengatasi berbagai masalah sosial, termasuk salah satunya adalah korupsi. Di tengah dinamika sosial-politik yang kompleks di Indonesia, ajaran Ki Ageng menjadi refleksi bagi setiap individu dan pemimpin untuk menjaga moralitas dan menghindari penyalahgunaan kekuasaan.

Korupsi telah menjadi permasalahan besar yang terus merusak tatanan sosial dan ekonomi Indonesia. Pemerintahan yang terjebak dalam godaan kekuasaan, kekayaan, dan status sering kali mengarah pada tindakan yang merugikan banyak pihak. Salah satu akar masalahnya adalah ketidakseimbangan dalam kehidupan batin, dimana nafsu dan ego yang tidak terkontrol sering kali mendorong individu untuk melakukan tindakan yang tidak etis. Dalam konteks ini, ajaran Ki Ageng Suryomentaram menawarkan perspektif yang sangat penting dalam mencegah korupsi, yaitu melalui transformasi batin yang dimulai dari pemimpin itu sendiri.

Ki Ageng Suryomentaram mengajarkan pentingnya pengendalian diri dan hidup sederhana sebagai cara untuk menjaga keseimbangan batin. Menurutnya, hanya dengan pengendalian diri yang kuat seseorang dapat menghindari godaan duniawi yang dapat merusak moralitas. Dalam ajaran kebatinannya, prinsip hidup sederhana menjadi sangat relevan untuk mencegah keterikatan pada hal-hal yang sifatnya semu dan sementara seperti harta, kedudukan, dan kekuasaan. Semua hal tersebut, jika tidak dijaga dengan bijaksana, dapat menjadi sumber kerusakan bagi individu dan masyarakat.

Salah satu aspek yang sangat relevan dari ajaran beliau adalah prinsip hidup sederhana yang mengutamakan kesederhanaan dalam segala aspek kehidupan. Konsep enam "sa" yang diajarkan oleh Ki Ageng memberikan pedoman untuk hidup tidak berlebihan dan senantiasa bersikap bijaksana dalam menjalani hidup. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah sa-butuhe (sesuaikan dengan kebutuhan), sa-perlune (sesuaikan dengan peruntukannya), sa-cukupe (secukupnya), sa-benere (sesuai dengan kebenaran), sa-mesthine (sesuai dengan yang seharusnya), dan sak-penake (sesuaikan dengan kenyamanan). Melalui prinsip tersebut, beliau mengajarkan bagaimana manusia dapat hidup dalam keseimbangan dengan dunia dan batinnya, menjauhi keterikatan pada hal-hal yang bersifat semu, seperti kekayaan, derajat, dan kekuasaan. Ketiganya, menurut Ki Ageng, dapat menjadi racun yang merusak hati dan jiwa seseorang jika tidak dijaga dengan baik.

Pencegahan korupsi tidak hanya berkaitan dengan peraturan hukum dan pengawasan yang ketat, tetapi lebih dari itu, hal tersebut berhubungan erat dengan pembentukan karakter dan transformasi individu. Pemimpin yang sejati adalah mereka yang mampu mengendalikan diri sendiri, mengenali kelemahan dalam dirinya, serta memiliki komitmen untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai moral yang luhur. Ajaran Ki Ageng menekankan bahwa pemimpin yang mampu mengatasi ego dan nafsu duniawi akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan, dan tidak akan mudah terjerumus dalam tindakan yang merusak bagi banyak orang.

Konsep transformasi diri ini sangat penting, karena untuk memimpin orang lain, seseorang harus terlebih dahulu mampu memimpin dirinya sendiri. Hanya melalui pengendalian diri yang kuat seseorang dapat menjadi pemimpin yang adil dan tidak terpengaruh oleh kekuasaan atau keserakahan. Ajaran Ki Ageng mengajarkan agar setiap individu menjaga keseimbangan antara tubuh, jiwa, dan kesadaran diri. Dalam ajaran ini, manusia dianggap sebagai makhluk yang terdiri dari tiga unsur utama: jiwa, raga, dan "aku" (kesadaran diri). Ketiga unsur ini harus berada dalam keselarasan agar individu dapat mencapai kedamaian batin dan menghindari perilaku destruktif yang dapat merugikan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun