Mohon tunggu...
salsabila janitasari
salsabila janitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan prodi Kepelatihan Fisik Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialiasi Digital Branding UMKM di Desa Saguling Kecamatan Baragbeg Kabupaten Ciamis

8 September 2023   23:10 Diperbarui: 8 September 2023   23:28 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saguling 26 agustus 2023 - Branding salah satu hal yang harus di lakukan oleh para pelaku usaha UMKM agar menembus pasar dan menjaga bisnis tetap eksis, Communication Lead Briefer.id Celixa Yovanka mengatakan, untuk dapat terus bertumbuh, pelaku UMKM di Indonesia perlu membekali diri dengan kemampuan untuk melakukan Branding dengan memanfaatkan medium - medium digital yang relatif terjangkau. 

"saat ini, mengomunikasikan produk UMKM dan usaha secara digital, melalui sosial media lebih optimal. karena dapat menyasar khalayak yang ditarget dan dapat menumbuhkan skala bisnisnya secara bertahap," ujarnya dalam webinar bertajuk #MerdekaBerkolaborasi yang di siarkan secara virtual, di kutip Kompas.com, kamis (26/8/2021). Apalagi, kata dia, saat ini sudah hampir semua masyarakat memiliki media sosial baik Facebook, Instagram dan Twitter. 

hal serupa juga di sampaikan oleh Brand Strategist Purwanto Hasan. Dia bilang, meski banyak produk  yang sama di pasaran, namun tetap ada bedanya. "yang membedakan adalah apa tujuan dari pembuatan produknya atau bagaimana kisah di balik produk tersebut. Hal itu tentunya penting untuk dikomunikasikan melalui branding yang baik kepada konsumen agar tetap loyal," ujar Purwanto. 

di Desa Saguling Kec. Baregbeg ada banyak sekali pelaku usaha UMKM dengan beraneka ragam UMKM yang mereka miliki seperti Tempe, Bolu kijing, Tempe Krispi dan lain sebagainya di bidang penjualannya masing - masing, namun masih banyak pelaku usaha UMKM ini yang masih blum tau cara memasarkan produknya lewat media sosial, platfrom penjualan online dan platform ojek online, Dan juga blum membuat logo yang memiliki arti untuk produknya tersebut.

Maka dari itu KKN Tematik UPI 2023 yang mengangkat tema berbasis SDG's membuat sosialisasi Digital Branding UMKM untuk para pelaku usaha UMKM yang berada di Desa Saguling yang isi materinya tentang Packaging, Logo dan Pemasaran Online. 

KKN Tematik UPI juga bekerjasama dengan Desa Saguling untuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan juga membantu warga yang sudah memiliki usaha UMKM untuk membuat logo agar bisa mendaftar untuk sertifikasi Halal. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun