Pendahuluan
Leadership dan berorganisasi merupakan dua konsep yang saling berhubungan. Keduanya memiliki peran penting dalam kehidupan sosial maupun dunia bisnis. Leadership atau biasa disebut dengan kepemimpinan ialah suatu fungsi, proses, dan kemampuan untuk mengarahkan seseorang melalui cara kepercayaan dan kesetiaan agar dapat melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan dan sasarap yang sudah ditetapkan. Sedangkan berorganisasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur, mengelola, serta mengondisikan upaya yang sudah ditetapkan dalam sebuah organisasi.
Pembahasan
Kepemimpinan merupakan suatu proses yang berkesinambungan, dimana tercapainya suatu tujuan merupakan awal dari suatu tujuan yang baru. Kepemimpinan juga harus memiliki keinginan untuk bekerja sama secara efektif, karena hal tersebut merupakan komponen penting dari sebuah kepemimpinan. Selain karena sebuah komponen penting diharapkan dengan memiliki keinginan untuk bisa bekerja sama secara efektif, bisa menghasilkan tujuan yang baik dan berhasil dari sebuah organisasi. Sedangkan organisasi adalah sebuah perkumpulan yang mana perkumpulan tersebut beranggotakan dari satu orang atau lebih untuk melakukan kegiatan yang ada dalam organisasi tersebut, jika perkumpulan tersebut hanya beranggotakan satu orang, maka perkumpulan itu tidak bisa dikatakan dengan sebuah organisasi. (Zauhar Latifah, 2021)
Agar sebuah organisasi dapat tercapai tujuan yang telah dirancang dengan baik, maka sebuah organisasi harus memiliki beberapa nilai penting diantaranya yaitu: organisasi harus memiliki tujuan yang akan dicapai, organisasi harus memiliki program kegiatan meliputi strategi dan metode untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut, organisasi harus memiliki pimpinan yang bertanggung jawab, organisasi terdiri dari dua orang atau lebih, dan dalam sebuah organisasi harus saling bekerjasama. (Raihan Fahidatul A.S, 2021)
Jika sebuah organisasi ingin mencapai sebuah tujuan yang sempurna dan sukses, maka tidak hanya cukup dengan memiliki beberapa nilai penting yang sudah disebutkan di atas saja. Akan tetapi sebuah keberhasilan dari organisasi juga ditentukan oleh kepemimpinan. Oleh karena itu terdapat beberapa peranan penting yang dipegang oleh pemimpin, yaitu: peran hubungan antar pribadi, peran terkait dengan informasi, dan peran pengambilan keputusan. (Firda Eka Z., 2023)
DAFTAR PUSTAKA
Zauhar Latifah, Pentingnya Kepemimpinan dalam Organisasi, Jurnal Seminar Nasional, 2021, Vol. 1, No. 1
Raihan Fahidatul A.S, dkk, Faktor Pengembangan Organisasi Profesional: Leadership/Kepemimpinan, Budaya, dan Iklim Organisasi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial), Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2021, Vol. 2, No. 2
Firda Eka Z., Heru Baskoro, Peran Pemimpin dalam Mengembangkan Budaya Organisasi, Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2023, Vol. 2, No. 1
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H