Mohon tunggu...
Salman Alfarizhi
Salman Alfarizhi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa jurusan Informatika yang gemar berbincang masalah teknologi,seni dan transformasi digital.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Struktur Hak Keputusan yang Adaptif: Kunci Sukses dalam Tata Kelola TI

7 September 2023   16:17 Diperbarui: 7 September 2023   16:19 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by HARUN BENLÄ°: https://www.pexels.com/photo/chessboard-game-3701276/ 

 

Pendahuluan

Tata kelola Teknologi Informasi (TI) telah menjadi unsur penting dalam operasi bisnis modern. Di dunia teknologi yang dinamis dan terus berubah, perusahaan-perusahaan global menghadapi tuntutan mendesak untuk segera menyesuaikan diri dengan perubahan dinamika dunia digital dan pasar. Pentingnya kerangka kerja pengambilan keputusan yang baik dalam mencapai tata kelola TI yang efektif tidak bisa diabaikan. Struktur tersebut berfungsi sebagai kerangka kerja komprehensif yang mengatur proses pengambilan keputusan terkait TI dalam sebuah organisasi. Artikel ini akan membahas mengapa struktur pengambilan keputusan yang adaptif menjadi kunci sukses dalam tata kelola TI, dengan fokus pada dampak positifnya dalam menghadapi perubahan teknologi dan lingkungan bisnis yang dinamis.

Struktur Pengambilan Keputusan dalam Tata Kelola TI

Pertama-tama, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan struktur pengambilan keputusan dalam tata kelola TI. Konfigurasi ini mencakup hierarki keputusan, menguraikan peran dan kewajiban individu atau kelompok dalam merumuskan keputusan TI, dan protokol komunikasi yang terlibat dalam mengelola teknologi informasi dalam sebuah perusahaan. Struktur pengambilan keputusan dapat sangat bervariasi antara organisasi, tergantung pada ukuran, industri, dan budaya perusahaan.

Mengapa Struktur Pengambilan Keputusan Penting

Struktur pengambilan keputusan adalah dasar dari manajemen TI yang efektif. Ketika dirancang dengan baik, keputusan TI dapat diambil dengan cepat dan efisien. Ini berarti organisasi dapat merespons perubahan di pasar atau teknologi dengan lebih efektif. Di sisi lain, jika struktur pengambilan keputusan buruk, keputusan menjadi lambat dan kurang efektif, hal ini tentunya dapat merugikan daya saing perusahaan.

Adaptabilitas dalam Tata Kelola TI

Dengan perkembangan teknologi yang cepat, adaptabilitas dalam tata kelola TI menjadi semakin penting. Organisasi yang memiliki struktur pengambilan keputusan yang kaku dan sulit berubah akan menghadapi tantangan besar dalam mengikuti perkembangan teknologi. Inilah sebabnya mengapa struktur pengambilan keputusan yang adaptif menjadi sebuah kunci sukses.

Manfaat dari Struktur Pengambilan Keputusan yang Adaptif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun