Mohon tunggu...
Salma LailiaKarima
Salma LailiaKarima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana UIN Walisongo Semarang

Mahasiswa Pascasarjana UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Pendidikan Karakter kepada Anak di Masa Pandemi

22 November 2021   21:48 Diperbarui: 30 November 2021   10:06 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan karakter merupakan sebuah sistem penamaan nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. 

Pengembangan karakter bangsa bisa dilakukan melalui perkembangan karakter individu seseorang. Akan tetapi, karena manusia hidup di lingkungan sosial dan budaya tertentu, maka perkembangan karakter individu seseorang hanya bisa dilakukan di lingkungan sosial dan budaya yang berkaitan. 

Artinya, perkembangan budaya dan karakter bisa dilakukan dalam suatu proses pendidikan yang tidak melepaskan peserta didik dari lingkungan sosial,budaya masyarakat, dan budaya bangsa.Lingkungan sosial dan budaya bangsa adalah Pancasila, jadi pendidikan budaya dan karakter adalah mengembangkan nilai-nilai Pancasila pada diri peseta didik melalui pendidikan hati, otak, dan fisik.

 Lickona (1992) menyebutkan "character education is the deliberate effort to help people understand, care about, and act upon core ethical values", hal ini berarti bahwa pendidikan karakter adalah upaya yang disengaja untuk membantu orang memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai etika inti. 

Pendidikan Karakter adalah pendidikan yang mendukung perkembangan sosial, emosional, dan etis siswa. Pendidikan karakter bisa dimaknai sebagai hal postif apa saja yang dilakukan guru dan mempengaruhi karakter siswa yang diajarnya (Samani & Hariyanto, 2013). Pendidikan karakter adalah paya untuk membangun karakter (character building). 

Elmubarok (2008, p. 102) menyebutkan character building merupakan proses mengukir atau memahat jiwa sedemikian rupa, sehingga berbentuk unik, menarik, dan berbeda atau bisa dibedakan dengan orang lain, ibarat sebauh huruf dalam alfabeta yang tak pernah sama antara yang satu dengan yang lain, demikianlah orang-orang yang berkarakter dapat dibedakan satu dengan yang lainnya. 

Pendidikan karakter dapat disebut juga sebagai pendidikan moral, pendidikan nilai, pendidikan dunia afektif, pendidikan akhlak, atau pendidikan budi pekerti. Dini (2018) menyatakan bahwa Pendidikan karakter bertujuan agar peserta didik sebagai penerus bangsa mempunyai akhak dan moral yang baik, untuk menciptakan kehiupan berbangsan yang adil, aman dan makmur. Hal ini berkaitan dengan UU nomor 20 Tahun 2003 tentang pendidikan nasional.

 Masa pendemi Covid-19 adalah tantangan bagi seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak hal yang terkena dampak pandemik tidak terkecuali dunia pendidikan. Kondisi perubahan pola pendidikan dari tradisional menuju online secara masif akan memengaruhi kondisi psikologis anak. 

Kondisi tersebut jugaakan berdampak pada pendidikan karakter peserta didik. Karakter adalah gambaran deskripsi visual manusia secara menyeluruh yang membuat unik dengan individu lain. Dapat diartikan bahwa karakter merupakan wujud dari keseluruhan pikiran, perasaan dan perilaku yang dimiliki oleh manusia. Keseimbangan antara ketiga komponen tersebut akan menciptakan suatu bentuk karakter yang ideal. 

Sehingga pemerintah perlu melakukan beragam kebijakan untuk menerapkan pendidikan karakter saat musim pandemic COVID-19. Tujuan dalam kajian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya penerapan pendidikan karakter di musim pandemic COVID-19. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka.

 Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Online Strategi Penerapan Pendidikan Karakter saat Pandemi COVID-19 perlu diformulasikan dengan baik. Song, Singleton, Hill & Koh (2004) menyebutkan bahwa faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran online meliputi: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun