Mohon tunggu...
Salma  Ayunda
Salma Ayunda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tidak ada keterlambatan dalam berproses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Arti Sebuah Penilaian

8 November 2021   15:31 Diperbarui: 8 November 2021   15:44 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aku adalah penilaianmu. Jika kamu melihat dan menilaiku baik maka aku adalah sesuatu yang baik. Sebaliknya, jika kamu melihat dan memandangku buruk maka aku adalah sesuatu yang buruk.                                                                                           ~Salma Ayunda~

Penilaian menjadi sesuatu yang tidak pernah tertinggal dalam segala bidang kehidupan. Setujukah mentemen dengan argumen tersebut? Pastinya ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan argumen tersebut. 

Kesetujuan dan ketidak setujuan mentemen tersebut juga sudah masuk dalam penilaian. Mentemen secara tidak langsung sudah menilai kebenaran dari satu argumen pembuka pada pembahasan kita kali ini.

Mengapa saya berargumentasi bahwa penilaian tidak pernah tertinggal dalam segala bidang kehidupan? Disini saya akan menjelaskan tentang argumen tersebut. 

Coba kita lihat penilaian di bidang kehidupan umum atau bermasyarakat. Hal ini tidak hanya dirasakan dan dilakukan oleh sebagian orang di dunia, namun mayoritas orang melakukan penilaian setiap harinya dalam kehidupan bermasyarakat. 

Penilaian tersebut bisa dilakukan kepada tetangga, saudara, publik figur, bahkan kepada hewan dan tanaman pun manusia mampu menilainya. Tetapi, mayoritas manusia melakukan penilaian dalam bermasyarakat tidak menggunakan prosedur yang berlaku dalam penilaian. 

Mayoritas manusia melakukan penilaian hanya dengan kaca mata luarnya, tanpa melakukan penelitian, telaah dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa," Aku adalah penilaianmu. Jika kamu melihat dan menilaiku baik maka aku adalah sesuatu yang baik. 

Sebaliknya, jika kamu melihat dan memandangku buruk maka aku adalah sesuatu yang buruk". Kata tersebut mungkin yang mewakili makna dari penilaian tanpa melakukan prosedur yang harusnya dilakukan dalam penilaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun