Tanggerang Selatan - Jum'at, 15 November 2024. Mahasiswa Universitas Pamulang melalui Program Studi Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema "Sosialisasi Pemahaman Algoritma di Balik Sistem Judi Online dan Kesadaran Akan Bahayanya di Lingkungan SMA Cita Mulia". Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa/i SMA Cita Mulia tentang algoritma yang digunakan dalam perjudian daring, sekaligus memberikan wawasan tentang dampak negatifnya baik secara psikologis, sosial, maupun finansial.
Kegiatan ini diinisiasi oleh Satya Lana Wijaya sebagai Ketua Tim PKM, bersama anggota tim yaitu Rangga Dwi Mahardika, Rina Saputri, Salma Tiara Amru, dan Rizal Fahmi. Seluruh kegiatan ini dibimbing oleh Leni Susanti, S.Kom., M.Kom., serta mendapat dukungan penuh dari Kepala Sekolah SMA Cita Mulia, Yafi Azhari, M.Pd.
Sosialisasi diselenggarakan pada hari Jum'at, 15 November 2024, dengan peserta yang terdiri dari siswa/i SMA Cita Mulia. Kegiatan ini berlangsung di SMA Cita Mulia, yang berlokasi di Jl. Dr. Setiabudi, Jl. Angsana 2 No. 64E, Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten.
Judi online menjadi salah satu ancaman besar di era digital, terutama bagi generasi muda. Algoritma perjudian daring dirancang untuk memanipulasi perilaku pemain, menciptakan ilusi kontrol, dan menyebabkan kecanduan yang merugikan. Sosialisasi ini hadir untuk memberikan edukasi tentang cara kerja algoritma tersebut, sekaligus membangun kesadaran akan risiko besar yang menyertainya. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat memahami cara melindungi diri dari bahaya digital.
Sosialisasi dilakukan melalui presentasi interaktif, penyampaian materi edukatif, serta sesi tanya jawab yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang dinamis. Kegiatan ini juga melibatkan modul edukasi dan hadiah untuk meningkatkan antusiasme peserta.
Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh panitia dan sambutan dari Kepala Sekolah SMA Cita Mulia, dosen pembimbing, dan Ketua Tim PKM. Dilanjutkan dengan sesi materi yang interaktif, siswa diajak memahami cara algoritma memengaruhi pola perjudian online dan dampak negatifnya.Â
Acara dirancang dalam beberapa tahap:
- Penyampaian Materi: Memberikan penjelasan rinci tentang algoritma perjudian online, efek psikologisnya, serta strategi untuk menghindarinya.
- Sesi Tanya Jawab dan Kuis: Meningkatkan interaksi dengan siswa melalui diskusi terbuka, sekaligus mengukur pemahaman mereka.
- Evaluasi Akhir: Mengumpulkan tanggapan siswa mengenai kegiatan untuk memastikan dampaknya terhadap peningkatan literasi digital mereka.
- Sesi edukasi ini juga dilengkapi dengan pembagian modul informasi, pemberian hadiah untuk partisipasi aktif, dan suvenir sebagai kenang-kenangan bagi siswa.