Mohon tunggu...
Sallyna
Sallyna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika-Universitas Maritim Raja Ali Haji

Mulailah dari hal yang paling sederhana.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kekreatifan Guru dalam Menarik Minat Belajar Siswa di Era Pandemi

12 Juli 2021   10:50 Diperbarui: 12 Juli 2021   11:16 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ditulis oleh : Nur Atiqah (190384202052)

Pandemi covid-19 yang bermula dari Wuhan China menyebabkan kepanikan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Sehingga Indonesia sendiri menetapkan suatu kebijakan dalam  meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia yaitu dengan menetapkan social distancing. Yang mana mengharuskan rakyat di seluruh penjuru Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke mengerjakan segala aktivitasnya di rumah. Baik itu bekerja, belajar, ibadah dan lain sebagainya. Dampak tersebut juga banyak mempengaruhi berbagai sektor mulai dari sektor ekonomi, sektor perdagangan, sektor keuangan hingga sektor pendidikan tentunya.

Kendala yang terjadi pada sektor pendidikan mulai dirasakan oleh siswa/siswi di seluruh Indonesia baik itu dalam kesiapan pembelajaran daring (belajar jarak jauh), fasilitas daring seperti handphone hingga akses jaringan internet yang belum memadai sebagai penunjang online dan kekurangan yang paling menonjol adalah pengajar dan siswa tidak terbiasa dengan pembelajaran daring. Untuk itu guru perlu beradaptasi dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Sehingga murid dapat menyerap pembelajaran dengan baik dan tidak menyebabkan kemalasan, keterlenaan akan gadget dan main game hingga rebahan melulu.

Pembelajaran yang menarik membuat siswa/siswi semangat untuk belajar dan memiliki motivasi yang sangat tinggi dalam melakukan pembelajran secara daring. Untuk itu guru sebagai fasilitator perlu merencanakan pembelajaran daring yang berpengaruh pada keaktifan siswa dalam belajar.

Untuk menanggulangi masalah yang telah dipaparkan diatas, ada beberapa cara yang kreatif yang bisa menarik minat siswa dalam belajar selama pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 ini.

Pertama, ada yang dikenal dengan metode hibur yang dikenal sebuah metode dalam pembelajaran matematika. Yang mana maksud dari metode ini adalah menimbulkan  rasa suka, senang dan minat yang besar pada suatu materi sebagai contoh materi peluang yang dalam proses belajarnya menggunakan sebuah game untuk melombakan beberapa kelompok, agar mendapat bintang, kelompok yang memiliki bintang terbanyak mendapatkan hadiah. Dalam perlombaan itu juga pastinya mereka dengan serius dalam mempelajari materi yang akan diujikan. Untuk masa pandemi, metode hibur yang digunakan yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar daring (jarak jauh) adalah dengan memberikan video interaktif yang menyenangkan agar siswa pun tidak merasa jenuh dan lebih mudah dimengerti sehingga lebih menyenangkan dalam belajar.

Kedua, aplikasi kreatif yang bisa digunakan untuk siswa yang berusia SMP atau SMA sejajaran dengan suatu penguasaan dalam aplikasi yang menarik. Contohnya pengajar bisa memanfaatkan aplikasi TikTok, Snakvideo hingga Youtube yang kerap digemari dan dimainkan anak-anak remaja zaman sekarang. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebagai suatu perangkat belajar lebih kreatif dan mnyenangkan bagi siswa.

Ketiga, pengajar bisa membuat sebuah kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa. Dimana dalam hal ini pengajar membuat suatu rencana agar siswa memiliki keterlibatan langsung dalam proses belajar mengajar yang dibuat sedemikian rupa menyenangkan, tidak membosankan dan sesuai dengan keinginan peserta didik. Hal ini membuat siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik dan menarik perhatian peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Tetapi ditekankan untuk menggunakan cara ini kita sebagai pendidik secara penuh dalam pembuatan rencana setelah mempertimbangkan masukkan keinginan dari peserta didik.

Dihimbau untuk calon guru kedepan dapat menerapkan pembelajaran yang menyenangkan tanpa kebosanan, cara-cara diatas dapat digunakan sebagai referensi untuk menarik minat siswa/siswi dalam belajar selama pandemi.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada pembaca telah bersedia mampir dan meluangkan waktu untuk membaca artikel yang saya buat.

Salam hangat penulis..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun