Prokrastinasi atau biasa disebut dengan kebiasaan menunda adalah suatu kebiasaan yang sering dialami oleh kebanyakan orang.Â
Piers Still ( Penulis The Procrastination Equation ) mengatakan bahwa " Jika kamu suka prokrastinasi atau menunda-nunda, mungkin kamu termasuk dalam 95% orang di dunia yang mengaku pernah mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka ".
Biasanya, prokrastinasi ini muncul karena adanya pikiran serta emosi negatif dalam diri kita terhadap tugas atau pekerjaan yang kita miliki.Â
Nah,itulah salah satu penyebab yang akhirnya kita tidak langsung mengerjakan tugas atau pekerjaan kita, walaupun kita sebenarnya tahu bahwa kebiasaan menunda ini gak baik untuk diri kita.
Yang perlu kita ingat adalah " Menunda melakukan pekerjaan hari ini, itu hanya akan menambah pekerjaan kita esok hari " dan kebiasaan menunda ini tentunya memiliki banyak dampak yang akan terjadi dalam diri kita.Â
Entah itu kehilangan kesempatan berharga, stres, frustasi, overthinking, cemas dan dampak lainnya.
Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan kebiasaan menunda ini ?
Ada beberapa tips sederhana yang bisa kalian coba untuk melawan kebiasaan menunda ini.
1. Buat Schedule
Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menuliskan jadwal tugas atau pekerjaan apa yang harus kamu kerjakan. Buatlah target untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
2. Ketahui Apa Yang Membuat Kalian Kenunda Pekerjaan Tersebut