Podcast audio dapat menjadi inovasi baru bagi perkembangan pembelajaran, khususnya disekolah dasar (SD). Guru dapat memanfaatkan podcast audio sebagai alat bantu dalam melatih keterampilan berbahasa Indonesia, khususnya keterampilan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan podcast audio dalam pembelajaran menyimak dikelas IV SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa podcast audio dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran keterampilan menyimak siswa. Selain menarik, siswa menjadi lebih fokus untuk menyimak materi yang dijelaskan. Hal ini berpengaruh pada hasil tes menyimak yang baik. Kendala yang dihadapi siswa berkaitan dengan proses interprestasi materi simak karena hanya berupa audio. Melalui kegiatan pembelajaran menyimak dengan memanfaatkan media podcast, siswa dapat mengasah daya ingatnya dengan menceritakan apa yang telah didengarnya serta melatih tingkat fokus siswa dalam menyimak materi. Simpulan dari penelitian ini adalah podcast audio dapat dimanfaatkan sebagai sedia pembelajaran keterampilan menyimak siswa. Podcast menjadi inovasi baru bagi perkembangan media pembelajaran berbasis audio. Dalam penerapannya di kelas, guru dapat membuat sendiri podcast pembelajaran berdasarkan materi yang akan diajarnya atau bisa mengunduh melalui aplikasi seperti spotify. Selain menarik, siswa menjadi lebih fokus untuk menyimak materi yang diperdengarkan. Melalui podcast, siswa dapat memaksimalkan indra pendengaran. Siswa dapat mengasah daya ingatnya dengan menceritakan apa yang telah didengarnya. Hal ini sesuai dengan makna dari pembelajaran menyimak, yakni pengoptimalan indra pendengaran. Di sisi lain, pemanfaatan podcast pembelajaran juga dapat terkendala hal-hal lain seperti proses interprestasi materi simakan yang tidak langsung dapat dipahami siswa. Ini disebabkan penyajian podcast yang terfokus pada audio. Namun, jika siswa sering menyimak podcast dan konsentrasi terhadap informasi yang didengarnya, kendalakendala tersebut dapat diminimalisasi kan. Pemanfaatan podcast dalam pembelajaran juga dapat dilihat dari hasil tes yang diperoleh siswa. Setelah menyimak podcast, siswa diberikan tes yang berkaitan dengan materi simakan.Hasilnya, keseluruhan siswa kelas IV dapat menjawab soal menyimak dengan baik dan mendapatkan nilai sesuai dengan KKM. Hal ini membuat peneliti semakin yakin bahwa media podcast bisa dimanfaatkan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi simakan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H