Mohon tunggu...
Sakuroh Bustomi
Sakuroh Bustomi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah Subang

Hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Manajemen Pendidikan Tingkat Sekolah Menengah Komprehensif

11 November 2023   20:40 Diperbarui: 11 November 2023   20:45 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Adapun konsep manajemen pendidikan tingkat Sekolah Menengah yang pertama yang akan kita bahas yaitu konsep manajemen mutu Sekolah Menengah mutu dalam konteks pendidikan menurut kementerian pendidikan nasional yaitu sebagaimana dikutip oleh mulyasa 2002 Yaitu mencakup input proses dan outputnya pendidikan manajemen. Tujuan mutu sekolah menengah adalah upaya yang dilakukan dalam memperbaiki kualitas sebuah lembaga pendidikan tingkat menengah yaitu SMP SMA SMAK atau Ma guna tercapainya tujuan pendidikan. Yang selanjutnya yaitu sasaran mutu pendidikan ada tiga yaitu input proses output dan input meliputi kepala sekolah guru pegawai ahli dan lain-lain proses yaitu ada KBM ada organisasi atau manajemen administrasi yang ketiga ada hubungan dan lain-lain yang ketiga yaitu output merupakan hasil belajar rumuskan kompetensi dan dicapai di atas standar tingkat kelulusan tinggi. Selanjutnya ada karakteristik manajemen sekolah bermutu yang pertama ada hal-hal yang diperlukan untuk mengelola sekolah untuk mengelola sekolah diperlukan sebagai hal-hal antara lain yang pertama ada fungsi memahami fungsi sekolah serta maksud dan tujuan pendidikan atau cita-cita bangsa yang kedua memahami kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan atau UU Depdiknas dan ketiga dan memahami standar pendidikan yang diterapkan yang keempat ada memahami prinsip manajemen dan administrasi yang kelima memahami kurikulum dan pengembangannya yang keenam ada memahami konsep kebutuhan peserta didik atau oleh skill dan tuntutan masyarakat dan yang terakhir ada memiliki visi dan misi antara lain dengan cara bersifat ambisius atau ideal rasional bisa dicapai bersifat menentang kinerja bentuk menumbuhkan motivasi dan keindahan kerja membangun kekompakan atau kebersamaan memberikan kebanggaan singkat padat dan budaya terakhir yaitu pengusaha muda yang kedua ada sasaran hasil dari pendidikan yang pertama ada berakhlak mulia beriman dan bertakwa dan kedua cerdas kreatif inovatif yang tadi berkomunikasi atau bersosialisasi yang keempat menguasai ilmu pengetahuan yang kelima terampil bekerja yang keenam bertanggung jawab sebagai warga bangsa yang ketiga ada dimensi mutu Sekolah menurut sekolah terdiri atas pelaksanaan kegiatan sesuai fungsi atau tempat sebagai lembaga pendidikan yang kedua memiliki keunggulan yang ketiga terpercaya sebagai sekolah yang baik yang keempat kondisi nyaman menyenangkan yang kelima penampilan fisik maupun kegiatan menarik dan yang terakhir yaitu mengesankan atau konflik yang keempat ada fokus manajemen sekolah menengah yang pertama pembaharuan SMA yang berkelanjutan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang kedua ada implementasi sistem manajemen abad 21 dengan mempertimbangkan peran SMA sebagai pembangunan SMA yang ketiga implementasi sistem manajemen SMA dalam kerangka konsep Balance dengan melakukan sinkronisasi terhadap MBS dan keempat yaitu implementasi sistem manajemen SMA dalam rangka komponen dan yang terakhir yaitu implementasi sistem manajemen SMA yang adaptif dan dengan Perkembangan standar pendidikan sebagai acuan atau arah pengelolaan sekolah yaitu yang pertama ada standar isi yang kedua standar proses yang ketiga standar kompetensi lulusan pendidikan dan tenaga kependidikan yang kelima standar sarana dan prasarana yang ke -6 standar pengelolaan yang ke -7 standar pembiayaan yang terdapat standar penilaian pendidikan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun