ekonomi masyarakat.
Surabaya, 23 Juni 2022 -- Sudah berlangsung 2 tahun lamanya covid-19 telah berlangsung. Wabah tersebut masuk ke negara Indonsia pada bulan Maret 2020 dan hal tersebut membuat perekonomian rakyat menurun. Namun disaat ini, kondisi situasi pandemi mulai mereda namun  kondisi perekonomian di Indonesia masih belum memberikan dampak yang besar terhadap penurunanDalam situasi tersebut, sektor Usaha Kecil Menengah atau yang disebut UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak pada kondisi pandemi covid-19. Kondisi tersebut membuat roda perekonomian di sektor UMKM tersendat.Â
Dikutip dari OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) bahwa, setelah September 2020, dipastikan akan ada separuh UMKM yang ada terpaksa harus gulung tikar. Maka dari itu sektor UMKM perlu melakukan suatu inovasi produk dan menerapkan digitalisasi pemasaran agar produk yang dihasilkan mampu dan dapat meningkatkan daya jual produk UMKM yang dipasarkan.
Dari permasalahan tersebut, kampus UNTAG Surabaya menggelar kegiatan KKN yang bertema "Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan di Era Endemi" Kegiatan KKN ini dilakukan secara mandiri di daerah masing-masing mahasiswa supaya dapat membantu memulihkan perekonomian di daerah setempat setelah terkena dampak pandemi Covid-19.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Saiful Rizal, mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dibawah bimbingan bapak Moh. Nor Ali Aziz, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing lapangan.Â
Dalam kegiatan pengabdian ini, mahasiswa menggandeng UMKM milik ibu Budiarsih untuk dilakukan pendampingan mengenai pengenalan digital marketing di lingkungan RT 09/ RW 03, Kel. Pacarkembang, Kec. Tambaksari Surabaya.
Pengusulan program pengabdian oleh mahasiswa ini memberikan program kegiatan yang didasari pada permasalahan yang diinformasikan oleh Ibu Budiarsih selaku mitra.Â
Terutama masalah inovasi produk UMKM dan bagaimana cara pemasaran melalui media digital marketing yang didampingi oleh mahasiswa yang kerap dipanggil Rizal ini.Â
Rizal mengajarkan bagaimana membuat inovasi varian rasa baru yang sebelumnya Ibu Budiarsih belum pernah membuatnya dengan ikut serta mencarikan resep tersebut di media internet, serta dibuatkanlah logo produk yang baru untuk menambah daya tarik produk.Â
Kemudian selanjutnya mengajarkan serta membantu dalam memasarkan produk dengan pembuatan marketplace, Â tidak lupa untuk mengiklankan produk melalui social media ads supaya produk UMKM Bolu Pisang yang dimiliki Ibu Budiarsih ini dikenal secara luas dan tentunya diharapkan mendapat banyak pelanggan.
#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten