Mohon tunggu...
Saifuddin Abd Rouf
Saifuddin Abd Rouf Mohon Tunggu... Penulis - Manfaat lan Barokah

"Teruslah menulis, baik buruknya tulisan biar pembaca yang menilai"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tujuan Evaluasi dalam Bimbingan Konseling

15 November 2018   01:00 Diperbarui: 15 November 2018   01:39 783
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Evaluasi program adalah prosedur yang digunakan untuk menentukan derajat tingkat suatu sekolah mengenai program bimbingan dan konseling komprehensif yang tepat dan berfungsi secara penuh. Penilaian dibuat mengenai status dari suatu program yang menggunakan standard dan kreiteria evaluasi program yang diperoleh secara langsung dari kerangka kerja program bimbingan dan konseling komprehensif ( Gysbers & Henderson, 2006). 

Standard dan kriteria evaluasi program diperlukan untuk memastikan bahwa suatu program bimbingan dan konseling secara penuh terwakili. Ketika standard dan kriteria telah terpilih dan mewakili suatu program bimbingan dan konseling komprehensif, kemudian dibuat suatu skala untuk masing-masing ukuran yang terbentang dari poin 5 sampai 6 atau 7. 

Hasil dari evaluasi program mengungkapkan di mana kemajuan telah dibuat atau kekurangan dari implementasi keseluruhan program bimbingan dan konseling.

Evaluasi hasil merupakan prosedur yang digunakan untuk menjawab pertanyaan, "Apakah akibat dari dilakukannya program bimbingan dan konseling (kegiatan dan layanan) membuat para siswa sukses, khususnya pada  prestasi akademis siswa?"

Hasil yang ditujukan secara khas dalam evaluasi hasil meliputi kehadiran, disiplin, nilai tes prestasi, dan perilaku saat di kelas. Perubahan yang positif dalam hasil seperti ini diantisipasi sebagai hasil dari program bimbingan dan konseling secara menyeluruh pada siswa. Rekomendasi tersebut oleh konselor sekolah dikembangkan menjadi suatu rencana evaluasi yang merupakan bagian dari implementasi dari keseluruhan program bimbingan dan konseling.

Penjelasan mengenai bagaimana proses evaluasi dan pekerjaan bekerja antara lain sebagai berikut:

  1. Pengumpulan data
  2. Analisis data
  3. Penyelesaian konsep formulir evaluasi
  4. Konferensi Evaluasi
  5. Analisis setelah evaluasi
  6. Penyelesaian formulir evaluasi

Tujuan evaluasi adalah untuk mengukur tingkat kontribusi konselor pola pengembangan bimbingan di kampus dan distrik. Sebagaimana usaha mereka untuk meningkatkan tingkat komitmen dan kemampuan pegetahuan keterampilan profesional. Tim evaluator mengukur usaha konselor untuk meraih pencapaian yang telah mereka tetapkan di bawah kepemimpinan dari pemimpin program bimbingan mereka, pengarah bimbingan, kepala sekolah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun