Mohon tunggu...
Sahal Abdillah
Sahal Abdillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemasaran yang Tepat dalam Project Pencacah Plastik

3 Januari 2023   12:32 Diperbarui: 3 Januari 2023   12:42 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang penyelesaiaannya tak kunjung berakhir, karena ketergantungan manusia pada bahan plastik yang sangat mudah digunakan. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan plastik adalah pengolahan dengan mesin pencacah plastik. Dalam hal ini mahasiswa Teknik Industri UNTAG Surabaya melakukan project untuk membantu  dalam mengurangi permasalahan plastik dengan mengolah sampah plastik pada mesin pencacah.

Pada project mesin pencacah plastic marketing menjadi hal yang terpenting di antara bagian lainnya, ibarat perang marketing adalah pasukan terdepan dalam sebuah peperangan. Pada pengelolaan sampah yang dicacah, marketing menjadi salah satu divisi yang memiliki tugas penting dalam menentukan maju mundurnya sebuah bisnis. Namun meski demikian, divisi marketing tidak bisa berdiri sendiri, masih ada keterkaitan hubungan dengan divisi lain seperti bahan baku, produksi, sumber daya manusia, dan divisi keuangan.

Dalam project ini kami menjual beberapa jenis plastik dengan beberapa sifat sebagai berikut :

  • LDPE : Bahan dapat dikatakan bagus jika memiliki sifat Lentur dan bahan jenis ini tidak boleh terkena paparan sinar matahari terus menerus
  • HDPE : Bahan dapat dikatakan bagus jika memiliki sifat keras, bahan jenis ini kuat terhadap paparan sinar dan tidak mudah pecah.
  • HD : Bahan dapat dikatakan bagus jika memiliki sifat lebih keras dari hdpe dan bahan jenis ini mudah pecah saat dicetak untuk produk tutup gallon
  • PET : Plastik ini mempunyai sifat ringan, kuat, transparan, dan hanya digunakan sekali saja, Kebanyakan digunakan untuk kemasan air botol.

 

Strategi dalam melakukan promosi dengan mendatangi pabrik secara langsung telah kita lakukan di beberapa tempat Menurut kami promosi seperti ini lebih efektif karena kami dapat menjelaskan hasil cacahan plastic secara detail. Selain itu, ada juga strategi dengan cara memposting melalui social media salah satunya facebook, dengan membuat postingan yang menarik akan membuat para konsumen tertarik untuk membaca dan kemungkinan tinggi akan melakukan pembelian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun