Mohon tunggu...
Safri Widiansyah
Safri Widiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menyukai musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice: Penerapan PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa

7 Maret 2024   09:23 Diperbarui: 7 Maret 2024   09:34 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE
PPG DALAM JABATAN ANGKATAN III 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWER POINT DAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TEKS DESKRIPTIF MATA PELAJARAN  BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP NEGERI 4 PLAKAT TINGGI

DISUSUN OLEH :
 NAMA: SAFRI WIDIANSYAH
 NIM: A2G323039

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU
UNIVERSITAS JAMBI
TAHUN 2024

Menyusun cerita praktik baik (Best Practice) menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi) terkait pengalaman mengatasi permasalahan peserta didik dalam pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar belakang masalah
Penyampaian materi pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus dikemas secara menarik untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran sehingga mereka mampu mencapai kompetensi yang diharapkan. Hal ini harus didukung dengan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang diberikan di kelas. Martimis di dalam Nuarta (2020) menyatakan bahwa Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran berbasis filosofi konstruktivisme, dimana posisi peserta didik sejak awal dihadapkan pada suatu masalah kemudian diikuti oleh proses pencarian informasi yang bersifat student centre. Pemilihan model pembelajaran yang tepat serta akurat akan menciptakan situasi belajar yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan ini akan mendukung kelancaran proses belajar mengajar sehingga peserta didik akan mampu berfikir kritis saat mengikuti pembelajaran di kelas.

B.Jenis Kegiatan
Kegiatan dalam Best Practice ini adalah kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik pada materi Descriptive Text- Activities currently ongoing at the time of speaking dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta pemanfaatan media power point dan aplikasi wordwall.

C.Manfaat kegiatan
Manfaat penulisan Best Practice ini adalah antara lain :
Bagi Siswa  :
1.Memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran, dengan melibatkannya di dalam pembelajarannya, membiarkan  berdiskusi dan menjawab pertanyaan.
2.Membantu menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik untuk terampil menulis,berbicara dan      memberikan pendapat.
3.Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga peserta didik maupun  guru dapat menikmati proses pembelajaran.
4.Meningkatkan pemahaman dan nilai hasil belajar peserta didik.

Bagi Guru
1. Guru merasa lebih mudah dalam menjelaskan materi teks deskriptif -- Activities currently ongoing at the time of speaking kepada peserta didik karena materi ini menceritakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh seseorang atau bahkan peserta didik itu sendiri dalam kehidupan nyata  mereka.
2.Penguasaan kelas yang dapat menciptakan suasana kondusif dan nyaman menjadi lebih mudah dilakukan.

D.Tujuan Yang Akan Dicapai
1.Tujuan Umum:
Meningkatkan pemahaman dan nilai peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan media tayang power point dan wordwall pada pembelajaran Bahasa Inggris materi teks deskriptif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun