Â
Menghasilkan murid yang lebih baik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila ada di Pundak seorang guru. Berkenaan dengan hal tersebut juga perlu adanya Implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan kemampuan untuk melihat ketercapaian hal tersebut, perlu adanya sebuah visi dari guru yang berkenaan dengan hal tersebut.
Â
Saya selaku Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 6 memiliki tanggung jawab untuk pembuatan visi yang berkenaan dengan murid dan sekolah di masa depan sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Jika sebelumnya punya visi dari sekolah yang juga mendukung kepada Profil Pelajar Pancasila. Kini, tibalah sebagai guru untuk mempunyai visi tersebut. Saya melakukan daya imaji terkait visi yaitu Menjadi Guru yang penuh keteladanan bagi murid agar murid berperilaku baik serta bertumbuhkembangnya murid sesuai potensi minat dan bakat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila sehingga lahir kepemimpinan murid yang berdedikasi untuk Indonesia yang lebih baik.
Â
Â
Visi yang coba saya tuangkan berdasar dari sebuah pemikiran atas mimpi saya terhadap murid-murid yang berkepribadian yang baik dan berbudi pekerti yang baik dengan pemikiran global yang kritis sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila agar Indonesia bisa lebih baik lagi.
Â
Tak ada kata bosan untuk berjuang mewujudkan visi tersebut. Keterkaitan ini saya percaya bahwa murid itu adalah asset bangsa yang bisa meneruskan cita-cita bangsa dengan pemikiran, kepribadian hingga potensi yang dimiliki berdasarkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan Indonesia lebih baik lagi terlebih kepada Pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.
Â
Berkaca pada kondisi kekinian di sekolah, dalam hal ini saya mengutamakan keteladanan diri saya terlebih dahulu agar bisa ditiru oleh murid. Keteladanan dengan adanya nilai-nilai kepribadian dan perilaku serta pengembangan pada potensi minat dan bakat siswa dengan daya kritis murid masing-masing.
Â
 Efek dari keteladanan tentu akan terimbas kepada murid di sekolah saya. Murid sadar betul bahwa nilai perilaku dan daya keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang baik menjadi modal dalam sikap dan pengembangan potensi minat dan bakat murid dengan daya kritis pada pengetahuan dan keterampilan murid sehingga bisa tercipta dari Profil Pelajar Pancasila.
Â
Oleh sebab itu, saya dan guru di sekolah saya yakin bahwa untuk memperjuangkan nilai dan peran guru (bahkan guru penggerak) yang memperjuangkan pada visi sekolah dengan daya keteladanan. Saya dan guru lain di sekolah saya juga paham bahwa memperjuangkan visi dan misi sekolah perlu adanya semangat keteladanan guru dan kolaborasi yang baik dengan pihak lain.
Â
Tak mudah memang membuat visi yang bisa dijalankan dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. Visi yang sudah terurai dan terpatri dalam diri saya berujung kepada nilai kepemimpinan siswa yang sesuai dengan potensi minat dan bakat murid. Tentu adanya keteladanan pada guru dengan panduan menuntun murid bisa menghasilkan ketercapaian menumbuhkembangkan potensi murid tersebut.
Â
Dengan adanya pembuatan visi tersebut, saya memiliki harapan agar terciptanya keteladanan bagi setiap guru di sekolah. Adanya kolaborasi yang baik dalam komunitas di sekolah maupun luar sekolah juga perlu saling menguatkan dan terjalin erat. Pada sisi murid juga bisa terwujudnya Profil Pelajar Pancasila yang saling terjalin erat, sehingga terwujudnya Indonesia yang memiliki jiwa filosofi Pancasia yang lebih baik.
Â
Visi yang telah saya buat juga turut mendukung adanya visi dari sekolah yang pernah dirumuskan. Perumusan visi sekolah tersebut juga melihat adanya keberpihakan kepada murid. Oleh sebab itu, keyakinan Bersama dan menyatukan sekolah yaitu adanya landasan Pancasila dengan mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa yang sesuai dengan visi sekolah yaitu terwujudnya peserta didik sebagai generasi qurani yang berkarakter Pelajar Pancasila.
Â
Setiap sekolah yang satu dengan yang tentu memiliki pembeda dari segi murid hingga aturan yang yang berlaku. Pembeda murid di sekolah saya dengan sekolah lain yaitu memiliki kekhasan 3 pilar sebagai perwujudan dari Profil Pelajar Pancasila. 3 pilar yang tersebut yaitu Quranic, Academic, dan Leadership.
Â
Untuk mewujudkan pembeda yang unik yang sesuai dengan karakter Profil Pelajar Pancasila perlu adanya kolaborasi dan inovasi yang kreatif. Dengan adanya program dan proyek Bersama untuk murid menjadi sebuah kekhasan sehingga diperlukan adanya nilai dan peran Bersama bagi guru untuk mewujudkan hal tersebut. Pemangku kepentingan juga memiliki andil dalam hal keterwujudan hal tersebut.
Â
Semoga adanya visi yang coba saya paparkan bisa terwujud, amiinn..
SALAM GURU PENGGERAK
Saepullah
CGP Angkatan 6 Kota Depo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H