Menjadi Blogger itu enak. Bisa mengatakan apapun sesuai hati nurani. Mau mengatakan A, ya silakan. Mau bicara B pun silakan. Bahkan ingin menulis dengan gaya C pun tidak ada yang melarang. Itulah sebuah keunikan dalam menjadi blogger. Terlebih di blog keroyokan seperti Kompasiana itu semua mata banyak menatap.
Masih teringat kejadian silam tentang sebuah tulisan seorang Kompasianer yang di plagiat oleh media massa di Jabodetabek. Bahkan kalau ditelusuri lebih jauh akan banyak pula tulisan Kompasianer yang diplagiat.
Nah, itulah hebatnya para Kompasianer yang melakukan sebuah tulisan yang bermakna dan memiliki ruh dalam setiap tulisan. Setiap blogger dan juga pewarta warga lain bahkan jurnalis juga seharusnya memiliki ruh yang kuat bukan saja sekadar menulis dengan gaya seenaknya berdasarkan pesanan orang lain.
Namun, dalam dunia per-blog-an saat ini sudah banyak para perusahaan yang menginginkan hasil karyanya dituliskan oleh seorang blogger selain jurnalis juga. Nah, disini terkadang menjadi sebuah dilema tersendiri bagi sang blogger itu pula. Akankah blogger memberitakan kebaikan sebuah produk padahal produk tersebut tidak baik? Atau sebaliknya blogger memberitakan apa adanya berdasarkan produk yang ada?
Menurut hemat saya, sebagai blogger perlu juga lah dalam memberitakan sebuah kebaikan. Artinya bahwa Good News is Good News. Hal ini membuktikan bahwa sebuah produk yang ada sudah seharusnya diberitakan apa adanya, namun tetap memberitakan sebuah pemberitaan yang normatif namun tidak menjatuhkan hasil karya orang lain.
Belajar untuk bergabung dengan sebuah komunitas, sebutlah KOPI Koalisi Online Pesona Indonesia. Dalam KOPI, para anggota belajar bersama untuk memberitakan sebuah pesona Indonesia baik dari sisi pariwisata, budaya, film dan hal lainnya yang bisa mengangkat Indonesia lebih baik lagi.Â
Istilahnya sebagai pencitraan begitulah. Namun dalam komunitas ini KOPI disejajarkan dengan seorang jurnalis yang tulisannya harus cepat tidak lebih dari 12 jam harus sudah tayang.
KOPI yang didirikan pada 26 November 2015 silam ini terus bergerak memberitakan Good News is Good News.Anggota KOPI sendiri ada yang dari jurnalis, dan blogger. Dalam KOPI ini semua anggota terus mengasah kemampuan menulisnya. Menulis sisi sebuah produk film yang mungkin banyak kelemahan namun harus diberikan proporsional juga dalam menuliskannya.Â
Jadi pembaca dibuat terbawa untuk bisa menonton berdasarkan tulisan yang dibuat meskipun tulisan mencerca film tersebut. Dalam memberikan review film tersebut di KOPI membuat statement setiap tulisannya dengan moto Pembaca adalah Penonton.
Lain halnya lagi dengan moto Koalisi yang bermarkas di gedung Sarinah lt.12 ini, Salam-Sapa-Sinergi. Moto ini menggaung untuk bisa dipahami bahwa anggota saling menebarkan salam, saling menyapa dan tentu saja saling bersinergi.
Berkaitan erat dengan blogger itu pula, saya pribadi selaku Kompasianer dan juga blogger mengajak kita semua untuk melakukan pemberitaan yang terbaik dengan berdasarkan kaidah kebaikan tanpa menjatuhkan pihak lain.Â