Wawancara kerja biasanya merupakan langkah terakhir dalam mendapatkan pekerjaan. Wawancara adalah cara yang baik untuk membagikan keterampilan dan kemampuan Anda, serta belajar banyak tentang perusahaan dan peran yang ditawarkan.
Sebelum Wawancara Â
Sebelum wawancara, lakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar untuk memahami nilai-nilai mereka dan apa yang mereka cari pada kandidat. Anda dapat mencari informasi ini melalui internet atau dari kenalan yang bekerja atau pernah bekerja di perusahaan tersebut.
Persiapkan jawaban untuk pertanyaan yang biasa ditanyakan, seperti mengapa Anda tertarik pada posisi ini, apa kelebihan dan kekurangan Anda, dan mengapa kami harus mempekerjakan Anda? Menulis ringkasan dari jawaban Anda pada jenis pertanyaan tersebut akan membantu Anda tetap fokus.Â
Pertanyaan Wawancara Behavior
Anda mungkin juga akan ditanyakan tentang pertanyaan behavior. Pertanyaan wawancara behavior adalah tipe pertanyaan yang dirancang untuk melihat kebiasaan lama kandidat dan pengalaman yang dimiliki untuk memprediksi performa di masa depan. Pertanyaan ini biasanya dimulai dengan kalimat "tell me about the time when" atau "can you give me an example of" dan bertanya kepada kandidat tentang situasi spesifik pada apa yang telah diselesaikan sebelumnya dan bagaimana dia menyelesaikan situasi tersebut.Â
Interviewer akan mencari contoh yang spesifik tentang keterampilan kandidat, kemampuan, dan karakteristik, serta bagaimana kandidat mengaplikasikan semua itu di peran sebelumnya. Pertanyaan ini dirancang untuk mengetahui bagaimana kandidat berpikir, bertindak, dan berperilaku dalam situasi yang berbeda, dan bagaimana dia mungkin dapat menangani situasi yang mirip di masa depan.
Metode STAR
Salah satu kerangka kerja yang baik untuk menjawab pertanyaan wawancara behavior adalah Metode STAR.
Metode STAR adalah singkatan dari Situation (Situasi), Task (Tugas), Action (Tindakan), dan Result (Hasil):
- Situation: Jelaskan konteks atau latar belakang dari situasi yang Anda diskusikan. (2-3 kalimat)
- Task: Jelaskan tugas atau tantangan spesifik yang Anda hadapi. (1-2 kalimat)
- Action: Jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasi tugas atau tantangan tersebut. (2-3 kalimat)
- Result: Jelaskan hasil atau hasil dari tindakan Anda, termasuk keberhasilan atau pencapaian apa pun. (2-3 kalimat).