Mohon tunggu...
Sae fitri novianti
Sae fitri novianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa PGSD UNTRITA

Hobi saya berolahraga, saya mempunyai kepribadian diri yang bisa dibilang pendiam di dalam kelas dan tidak mempunyai teman, tetapi saya mudah bergaul dengan siapa saja sebenarnya. Disini saya paling suka tentang topik konten yang berbau pendidikan. Karena itulah saya kuliah mengambil jurusan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Media Papan Gambar Pada Peserta Didik

5 Desember 2024   00:14 Diperbarui: 5 Desember 2024   01:01 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Firdasus, M.pd

Dosen PGSD UNTIRTA 

Sae Fitri Novianti 

Mahasiswa PGSD UNTIRTA 

MAKALAH STUDY KASUS
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN GAMBAR PADA PESERTA DIDIK
             KELAS II SDN ROCEK 2

                    Dosen Pengampu : Firdaus, M.PD

         Disusun Oleh :

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
                                                                          FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
                                                                               UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
                                                                                                       TAHUN 2024/2025

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................. 1
A. Latar Belakang................................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah............................................................................................ 3
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................................. 4
A. Kajian Teori....................................................................................................... 4
B. Metode Penelitian.............................................................................................. 5
C. Hasil dan Pembahasan ..................................................................................... 6
BAB III PENUTUP.....................................................................................................11
A. KESIMPULAN...............................................................................................11
B. DAFTAR PUSTAKA......................................................................................12

BAB I
PENDAHULUAN
       A. Latar Belakang
         Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa. Namun, tidak jarang peserta didik menghadapi kesulitan dalam menuangkan ide secara tertulis, seperti kurangnya kosa kata, minimnya imajinasi, atau kesulitan menyusun kalimat. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan media gambar. Gambar dapat menjadi alat bantu visual yang elektif untuk merangsang imajinasi dan membantu peserta didik menuangkan ide secara kreatif dan sistematis. Dalam perkembangan pendidikan di Indonesia bahasa merupakan bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran bahasa di SD Rocek 2 diarahkan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis.

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat aspek keterampilan berbahasa. Yaitu keterampilan menyimak (mendengarkan) Keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis. Keempat keterampilan itu perlu di kembangkan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di samping ada unsur-unsur lain yang termasuk dalam aspek kebahasaan seperti struktur, kosakata, pelafalan, dan intonasi. Dari keempat keterampilan yang  diuraikan di atas, keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dipelajari, untuk menunjang keterampilan berbahasa yang baik. Menurut Tarigan (1985:3) menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan orang lain. Oleh sebab itu, keterampilan menulis harus dibina dan ditingkatkan sejak dini. Namun kenyataannya di kelas II SDN Rocek 2 Pandeglang Banten siswa belum mampu menulis karangan deskripsi secara sederhana. Terbukti dari 26 siswa yang belum mencapai KKM adalah sebanyak 40 siswa (70%). Adapun masalah yang mendasari kurang maksimalnya siswa dalam menulis deskripsi adalah 1) Siswa kesulitan dalam kesesuaian hasil deskripsi dengan gambar yang dideskripsikan 2) Siswa kesulitan dalam mengembangkan kalimat sederhana menjadi karangan deskripsi 3)
Siswa kurang mampu menggunakan tanda baca dengan benar, sehingga dalam menulis karangan tidak tercapai secara maksimal. Berdasarkan hasil observasi, dalam pembelajaran sehari-hari guru SDN Rocek 2 Pandeglang Banten hanya menugaskan siswa untuk menulis deskripsi tanpa adanya penggunaan media pembelajaran yang
sesuai yang ada di sekitar. Akibatnya hasil menulis deskripsi belum sempurna. Hal ini disebabkan guru kurang memanfaatkan media yang ada sehingga kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di SDN Rocek 2 Pandeglang Banten kurang maksimal. Kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran mengakibatkan siswa kesulitan dalam menulis deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa sebelum penelitian ini tergolong rendah sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi. Kedudukan media pembelajaran dalam
pembelajaran adalah sebagai upaya untuk mempermudah proses interaksi guru-siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Oleh karena itu, fungsi media yaitu sebagai alat bantu dalam melakukan proses belajar mengajar. Peneliti memilih pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran menulis deskripsi karena media gambar memberi kesempatan kepada siswa untuk mencermati objek dengan seksama sehingga siswa dapat mendeskripsikan apa yang dilihat secara rinci. Pemanfaatan media gambar dalam proses belajar-mengajar bisa menari dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran, dan yang terpenting adalah media yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar dan keterampilan, sehingga siswa dapat aktif berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Di samping pembelajaran akan menyenangkan, serta bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun