Mohon tunggu...
Sadhya Turahmi
Sadhya Turahmi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

On a journey of self-discovery and growth

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mahasiswa Universitas Airlangga Kelompok 1 Asemrowo Melakukan Sosialisasi Digitalisasi UMKM

2 Februari 2024   15:14 Diperbarui: 2 Februari 2024   21:08 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Dokumentasi Pribadi

Perkembangan UMKM di Indonesia seringkali mendapatkan perhatian khusus dari banyak kalangan termasuk pemerintah. Pasalnya, peran andil UMKM dalam perekonomian nasional terbilang strategis bila dilihat dari jumlah unit usahanya yang mendominasi dan tingginya penyerapan tenaga kerja. UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan pertumbuhan perekomonian Indonesia karena dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia. UMKM sendiri memiliki peran dalam menghasilkan lapangan pekerjaan.

Kelompok usaha kecil dan menengah (UMKM) merupakan kelompok yang paling besar dan terbukti tahan terhadap berbagai macam krisis ekonomi, terutama di Indonesia. UMKM juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Di era digital yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak bisnis yang semakin berkembang karena tersedianya teknologi pendukung.

Digitalisasi UMKM ini berfokus pada pembuatan google maps dan Qris, dimana google maps adalah layanan internet yang paling banyak digunakan saat ini. Google maps ini merupakan layanan informasi yang berbentuk peta yang dikembangkan oleh Google. Keuntungan dari menggunakan google maps yaitu pencarian lokasi yang lebih cepat, kemudahan penyimpanan peta, serta kemampuan untuk diakses kapanpun dan dimanapun. Pemilik UMKM yang menggunakan strategi pemasaran online untuk membuat calon pelanggan mudah mendapatkan informasi penting dalam menampilkan lokasi usaha mereka dan produk mereka di Google maps. Selain pembuatan google maps, juga dilakukan pembuatan QRIS pada pelaku UMKM. Dimana QRIS sebagai alat pembayaran digital yang sangat membantu dalam meminimalkan kontak secara langsung. Penggunaan QRIS memiliki dampak yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna agar transaksi lebih cepat, aman, mudah dan efisien.

Mahasiswa BBK 3 Universitas Airlangga, kelompok 1 Asemrowo, Surabaya mengadakan sosialisasi digitalisasi pada UMKM yang dengan Ketua kelompok 1 Dwi Yoga, mahasiswa FEB Unair 2021, mengungkapkan tujuan diadakan sosialisasi digitalisasi pada UMKM yaitu untuk memberikan informasi yang lengkap pada pelaku UMKM, dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, nama produk akan muncul di mesin pencarian google, serta mendapatkan penilaian dari pelanggan.

Dosen pendamping lapangan BBK 3 di Kelurahan Asemrowo Surabaya, Yanuar Nugroho, S.E., M.Sc., Ak., CA. sangat mendukung kegiatan ini. "Kegiatan sosialisasi UMKM pada warga Asemrowo ini sangat tepat, karena dengan adanya pendaftaran UMKM pada platfrom Google Maps dan QRIS dapat memudahkan pemilik UMKM dalam meningkatkan penjualannya” papar bapak Yanuar Nugroho dalam sambutan kegiatan.

Pemaparan materi dari mahasiswa kelompok 1, Asemrowo BBK 3 Unair ditutup dengan sesi tanya jawab yang sangat antusias dari pelaku UMKM di RW 3 Asemrowo pada sosialisasi “Digitalisasi UMKM” lalu ditutup dengan sesi foto bersama yang diikuti seluruh hadirin serta sesi konsultasi untuk pendaftaran Google Maps dan QRIS tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun