Mohon tunggu...
saddamhamzah
saddamhamzah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Saya adalah pelajar yang suka terhadap hal hal yang baru dan tertarik untuk mendalaminya.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Pelayanan Kesehatan Puskesmas Gayungan

17 Desember 2024   09:22 Diperbarui: 17 Desember 2024   09:22 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puskesmas Gayungan, Surabaya, Jawa Timur

Kesehatan adalah hal fundamental dalam kehidupan sehari hari. Kesehatan merupakan cermin untuk menilai suatu lingkungan tersebut bisa tergolong baik atau buruk. Hal tersebut dikarenakan kesehatan memengaruhi pola pikir serta gaya hidup pada suatu individu atau komunitas. Kesehatan akan berhubungan erat dengan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan di Kota Surabaya terus berkembang, meski harus menghadapi beberapa tantangan baik dari sisi fasilitas, tenaga medis, maupun edukasi masyarakat terkait isu isu kesehatan. Puskesmas memiliki fungsi preventif dan promotif sehingga upaya-upaya pencegahan penyakit perlu terus dilakukan, salah satunya dengan deteksi dini penyakit. Namun, tidak semua masyarakat mengetahui serta memahami pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk mencari informasi tentang kesehatan, kurangnya jangkauan sosialisasi program kesehatan terhadap masyarakat. Akibatnya, tidak jarang kasus kesehatan yang terlambat ditangani karena baru datang ketika kondisinya sudah parah.[SH1] Beberapa kegiatan telah rutin dilakukan oleh Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kota Surabaya untuk mencegah dampak itu terjadi.

Puskesmas Gayungan merupakah salah satu puskesmas yang ada di wilayah Selatan Kota Surabaya. Letaknya berada di perbatasan antara Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Tipe Puskesmas yaitu Puskesmas Perkotaan, Non Rawat Inap. Puskesmas Gayungan berada di wilayah Kecamatan Gayungan yang membawahi 4 Kelurahan. Kelurahan yang termasuk dalam wilayah kerja Puskesmas Gayungan yaitu Kelurahan Gayungan, Kelurahan Ketintang, Kelurahan Menanggal dan Kelurahan Dukuh Menanggal. [H2] Puskesmas Gayungan sebagai salah satu fasilitas kesehatan di Surabaya turut berupaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu terhadap informasi tentang kesehatan . Beberapa kegiatan tersebut meliputi penyuluhan kesehatan tentang penyakit menular dan tidak menular, pemeriksaan kesehatan dasar rutin, serta pengawasan dalam perkembangan kesehatan di wilayah kerja.

Kualitas pelayanan kesehatan pada suatu fasilitas pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian penting. Sebagai contohnya adalah masyarakat yang berkunjung atau berobat di puskesmas dan merasa tidak puas karena bingung dengan alur pendaftaran dan pemeriksaan pasiennya. Hal ini dapat terjadi karena beberapa kemungkinan, yaitu memang belum tersedia media yang optimal untuk menyampaikan informasi tentang alur pelayanan pasien, petugas yang kurang tanggap dalam mengarahkan pasien yang mengalami kendala dalam proses pelayanan dan masyarakat yang kurang aktif dalam membaca informasi yang telah disediakan. Puskesmas Gayungan pun telah memiliki system dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kritik dan saran dari pasien, pengunjung puskesmas dan masyarakat sekitar dapat disampaikan melalui kotak saran, media sosial, command center dan memiliki tim manajemen komplain. Berikut merupakan tindak lanjut yang dilakukan oleh Puskesmas Gayungan terhadap ketidakpuasan informasi terkait alur layanan dengan menyebarkan informasi melalui sosial media (instagram) :

Instagram Puskesmas Gayungan
Instagram Puskesmas Gayungan

Selain itu, alur pelayanan juga ditempelkan pada mading yang letaknya mudah untuk dilihat oleh seluruh pengunjung puskesmas. Pada mading ditempelkan segala jenis informasi tentang pelayanan, hasil survei kepuasan dan tarif sesuai dengan Perda yang berlaku. Selain informasi terkait pelayanan di Puskesmas Gayungan, kemudahan akses puskesmas juga dapat meningkatkan kunjungan masyarakat karena lokasinya yang berada di pinggir jalan dan di perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo. Puskesmas juga dekat dengan tempat ibadah [H1] yaitu Masjid Al Akbar Surabaya yang berjarak 900-meter dengan estimasi waktu lima menit ditempuh dengan jalan kaki. Wisatawan yang membutuhkan pelayanan kesehatan pun, bisa mengunjungi Puskesmas Gayungan sebagai fasilitas kesehatan terdekat.

Puskesmas Gayungan dengan drg. Harijanti Judaningsih sebagai kepala puskesmasnya, memiliki motto yakni Memberikan Pelayanan Sepenuh Hati. Dengan didasari motto tersebut, Puskesmas Gayungan akan senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sekitar. Visi Puskesmas Gayungan adalah mewujudkan kualitas pelayanan kesehatan yang optimal demi terciptanya kecamatan Gayungan yang sehat dan mandiri. Tujuan tersebut didukung oleh misi atau langkah langkah sebagai upaya untuk meraih visi tersebut, diantaranya adalah dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di UKP dan UKM, serta meningkatkan mutu manajemen puskesmas, untuk memberdayakan masyarakat yang hidup sehat dan mandiri. Puskesmas Gayungan memiliki pelayanan pengobatan umum sebanyak 14 pelayanan, serta Tindakan Medik Operatif sebanyak 5 tindakan yang sudah sesuai dengan Perda Kota Surabaya terkait Pelayanan Kesehatan dengan harga yang terjangkau sebagai berikut:

Perda Kota Surabaya
Perda Kota Surabaya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun