Mohon tunggu...
Sadam Zuwanda
Sadam Zuwanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - .

Pelajar Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Geladi Hominisasi UNPAR

26 Maret 2022   09:38 Diperbarui: 26 Maret 2022   09:51 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya mendaftar di Geladi Hominisasi di Universitas Katolik Parahyangan, tujuan awal saya mendaftar sebenarnya untuk memenuhi tugas dari mata kuliah umum Bahasa Indonesia, karena kami semua diharuskan untuk mengikuti Geladi Hominisasi. Namun setelah Saya mengikuti rangkaian dari mulai pra geladi sampai dengan acara geladi selesai, ternyata banyak sekali hal-hal bermanfaat yang bisa Saya dapatkan.

Pada pra geladi Saya diberikan tugas pertama, yaitu untuk mencari makna yang terkandung di dalam lagu Indonesia Raya 3 stanza. Selanjutnya masuk ke dalam acara inti pada hari sabtu tanggal 19 Maret 2022, diawali dengan kata sambutan dan perkenalan oleh dosen-dosen hebat yang telah mengisi acara ini, setelah itu Kami diberikan video mengenai tujuan diadakannya Geladi Hominisasi ini, menurut Saya video yang ditayangkan sangatlah bagus dan bermakna, selain itu juga Kita mengikuti sebuah kuis dengan soal pengetahuan umum. Kegiatan selanjutnya adalah diskusi kelompok dengan masuk ke breakout room kelompok masing-masing, disana setiap kelompok diberikan tema dan diharuskan membuat sebuah presentasi tentang tema tersebut, saat di breakout room kita diberikan kebebasan untuk berdiskusi dan menentukan jenis presentasi apa yang akan ditampilkan dan berlatih untuk melancarkan presentasi.

Setelah mematangkan persiapan presentasi selama 45 menit, setiap kelompok masuk ke breakout room yang terdiri dari 3-4  kelompok. Disana setiap kelompok mempresentasikan hasil latihannya dan akan dinilai oleh para juri, di setiap breakout room yang terdiri dari 3-4 kelompok itu akan memilih satu kelompok dengan penampilan terbaik untuk selanjutnya ditampilkan di main room dan akan di lombakan dengan pemenang dari main room yang lain dan pada akhirnya akan ada satu kelompok yang memenangkan presentasi ini, kemenangan akan ditentukan lewat voting dari setiap orang yang ada di Zoom.

Saya sangat menikmati rangkaian acara yang saya ikuti selama Geladi Hominisasi ini, banyak sekali ilmu dan pengalaman yang bisa Saya dapat, dengan adanya diskusi dan presentasi kelompok Saya menjadi paham pentingnya kita sebagai manusia untuk menggunakan logika yang benar, supaya setiap informasi yang kita tangkap dan kita sampaikan dapat tersampaikan dengan jelas keapada pendengar, Saya juga jadi paham pentingnya menggunakan bahasa yang baik dan benar karena bahasa adalah satu-satunya cara terbaik untuk menyampaikan informasi kepada siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Manfaat yang mungkin terlihat sepele ini sebetulnya sangat berguna, khususnya untuk Saya yang seorang mahasiswa jurusan Ilmu Hukum yang dituntut untuk bisa berpikir logis yuridis dan bisa menyampaikan argumen dengan baik. Saya akan terus meningkatkan kemampuan berpikir logis dan berbahasa dengan baik dengan cara menulis essay ilmiah atau berdiskusi dengan komunitas mahasiswa ilmu hukum, sehingga saat lulus dari UNPAR Saya bisa menjadi sarjana yang tidak hanya paham teori, tetapi bisa menganalisa sebuah kasus atau perbuatan hukum dan bisa menyampaikan argumentasi dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun