Mohon tunggu...
Sadam Alhaadi
Sadam Alhaadi Mohon Tunggu... Administrasi - s

Mahasiswa penerima Beasiswa KIP di Institut Pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pariwisata Deep and Meaningful

25 Januari 2024   10:14 Diperbarui: 25 Januari 2024   10:25 620
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://kemenparekraf.go.id

Pariwisata deep and meaningful

Pariwisata Indonesia menuju kearah lebih baik lagi seiring berjalannya waktu. Memasuki tahun 2024 ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreatif mengungkapkan tren terbaru pariwisata, terdapat 4 tren terbaru yang diungkapkan oleh Wamenparekraf Angela

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf), Angela Tanoesoedibjo, dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) yang berlangsung secara hybrid di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (22/12/2024), menjelaskan ada empat tren pariwisata pada tahun 2024 yakni Bleisure, Wellness Experience, Deep and Meaningful,dan Set-Jetting.

"Ini akan semakin meningkat ya bagaimana orang akan menggabungkan bisnis dan leisure menjadi satu, ini sebetulnya menguntungkan untuk kita, karena Jakarta menjadi pusat untuk bisnis, dan ini kita bisa bawa dari Jakarta untuk para wisatawan yang tadinya berbisnis untuk bisa berwisata ke Bali, ke Labuan Bajo, ke Borobudur," kata Wamenparekraf.

"Jadi bagaimana kita membuat paket-paket gabungan antara bisnis dan leisure, apalagi semakin banyaknya MICE, ini mendorong pertumbuhan bisnis, ini bisa kita gandengkan dengan paket wisata," kata Wamenparekraf.

"Wellness experience ini menjadi penting maka kita mengembangkan wisata kesehatan, ini sedang kita garap, yang kita tahu di Bali ada KEK Sanur kesehatan yang sedang dibangun, kita harapkan ini menjadi salah satu yang menjadi point of interest dari wisata kesehatan kita," kata Wamenparekraf Angela.

Ada juga, tren pariwisata deep and meaningful. Ketidakpastian selama pandemi membuat lebih dari 3/4 wisatawan dalam survei Booking.com menginginkan pengalaman wisata yang lebih berkualitas dan bermakna. Angela menjelaskan, Indonesia memiliki nature, dan culture yang kental, yang hal tersebut dapat dikemas dengan story telling yang menarik. Sehingga wisatawan dapat menikmati pengalaman wisata yang berkualitas dan bermakna.

Mengutip apa yang diungkapkan oleh Wamenparekraf Angela, tren Pariwisata Indonesia di tahun 2024 ini salah satunya yaitu Deep and Meaningful yaitu pariwisata yang menekankan mendalam dan bermakna. Ditahun 2024 ini diharapkan kita dapat memberi kesan yang mendalam serta bermakna terhadap wisatawan yang berkunjung disetiap destinasi.

Tren pariwisata baru ini diharapkan semakin profesional lagi dan semakin berkualitas lagi dalam memberikan service terbaiknya. Jika melihat kebelakang kini kita tidak menekankan lagi angka seberapa banyak target wisatawan yang harus mengunjungi Indonesia. Akan tetapi sekarang yang ditekankan ialah mengenai pariwisata yagn lebih berkualitas.

Tentu hal tersebut semakin membaik bagi wajah pariwisata kita. Dengan culture kebudayaan serta keanekaragaman yang kita miliki membuat nilai lebih dalam mewujudkan pariwisata deep and meaningful ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun