Mohon tunggu...
Ryan Highmore
Ryan Highmore Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti Dunia

Berbagi ilmu dan menggapai cita-cita dengan do'a dipanjatkan kepada Allah swt setiap shalat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Prilaku

25 November 2024   01:07 Diperbarui: 25 November 2024   01:12 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
contoh : komunikasi nonformal (sumber : pinterest.com/ru.pengtree.com)

Menegosasikan kesepakatan bisnis dilaur jam kerja , semisal di cafe atau restaurant merupakan jenis komunikasi menurut prilaku. coba jelaskan ?

Komunikasi yang dilakukan di luar jam kerja, seperti menegoisasikan kesepakatan bisnis di kafe atau restoran , dapat dikategorikan sebagai komunikasi nonformal menurut prilaku. Dalam konteks ini, komunikasi nonformal terjadi ketika interaksi berlangsung tanpa batasan formalitas atau struktur resmi yang biasanya ada dalam lingkungan kerja. Meskipun topiknya masih terkait dengan pekerjaan , suasana yang lebih santai bertujuan membangun hubungan interpersonal diluar konteks kerja. Hal ini penting dalam bisnis untuk menciptakan kedekatan emosional yang mendukung hubungan profesional.

Komunikasi menurut prilaku ,dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara interaksi dilakukan dan tujuan yang ingin dicapai. Berikut adalah jenis-jenisnya :

  • Komunikasi formal

Definisi : komunikasi yang terjadi dalam lingkungan resmi , menggunakan saluran atau prosedur yang telah ditetapkan. Biasanya diatur dalam struktur organisasi

Ciri-cirinya

  • Mengikuti hireaki atau alat komunikasi yang telah ditentukan
  • Berkaitan langsung dengan pekerjaan atau tujuan organisasi
  • Terdokumentasi secara resmi.

Contoh : rapat kerja resmi , surat lerja keputusan kepada bawahan , penyampaian laporan kerja

  • Komunikasi informal

Definisi : komunikasi yang tidak terikat pada saluran resmi dan lebih bersifat spontan . sering terjadi secara pribadi atau dalam suasana santai.

Ciri-cirinya :

  • Tidak ada struktur atau alur komunikasi yang baku
  • Lebih fleksibel dan bebas
  • Meingkatkan hubungan interpersonal

Contohnya :

  • Obrolan ringan di pantry kantor
  • Percakapan santai di media sosial
  • Diskusi teman kerja tentang hobi di luar pekerjaan
  • Komunikasi nonformal

Adalah komunikasi yang meskipun tidak menggunakan aturan formal organisasi, masih memiliki tujuan tertentu, sering kali dilakukan untuk mendukung aktivitas atau keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan atau bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun