Mohon tunggu...
Ryan Highmore
Ryan Highmore Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti Dunia

Berbagi ilmu dan menggapai cita-cita dengan do'a dipanjatkan kepada Allah swt setiap shalat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembahasan Soal Diskusi Komunikasi Bisnis dan Divisi Pemasaran

20 Oktober 2024   11:45 Diperbarui: 24 Oktober 2024   00:13 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dony baru saja diangkat menjadi Manajer Pemasaran menggantikan Manajer sebelumnya yang promosi menjadi Pimpinan Kantor Cabang. Hari ini adalah hari pertama ia memimpin rapat Divisi Pemasaran bersama para staf pemasaran yang dulunya adalah rekan kerjanya, Dony memaparkan program dan target Pemasaran yang ingin ia capai bersama seluruh staf pada divisi pemasaran. Ia memvisualisaikan target perusahaan dengan bantuan slide power point sesembari mengajukan tanya jawab mengenai kendala atau hambatan yang mungkin terjadi dalam melaksanakan program pemasaran yang ia canangkan untuk Divisi Pemasaran Perusahaan.

Dari kasus tersebut coba Anda diskusikan bentuk komunikasi apa yang digunakan oleh Dony dan uraikan jenis saluran komunikasi yang berlangsung dalam rapat Divisi Pemasaran yang dipimpinnya.

Dalam kasus yang terdapat di soal bahwa , Dony menggunakan komunikasi verbal dan non verbal selama rapat Divisi Pemasaran. Berikut adalah penjelasan mengenai komunkasi dan saluran komunikasi yang digunakan.

Bentuk komunikasi

  • Komunikasi Verbal adalah penyampaian pesan menggunakan kata-kata , baik lisan maupun tulisan. Sama seperti halnya yang dilakukan Dony. Dony menjelaskan program dan target pemasaran dengan jelas kepada stafnya. Dia menggunakan bahasa yang lugas dan terstruktur , sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat di mengerti oleh semua anggota tim.
  • Komunkasi Non-Verbal melibatkan isyarat tanpa kata , seperti gerakan tubuh , ekpresi wajah, dan intonasi suara. Sama seperti yang terjadi di rapat Divisi. Dony mungkin juga menggunakan ekpresi wajah gerakan tangan dan kontak , mata untuk menekankan poin-poin penting dalam presentasinya . ini membantu menciptakan ikatan dan keterlibatan yang lebih baik dengan audiens.
  • Tanya Jawab : Dengan mengajukan pertanyaan dan meminta masukan. Dony menciptakan dialog yang merupakan bentuk komunikasi dua arah , ini menunjukan bahwa dia menghargai pendapat anggota tim dan ingin mendengarkan masukan tentang potensi kendala yang mungkin dihadapi.

Saluran kominkasi

  • Presentasi Power Point : Penggunaan Slider Powerpoint sebagai alat bentuk visual adalah saluran komunkiasi yang efektif  untuk mnyampaikan informasi. Visualisasi data dan target perusahaan membantu memperjelas pesan dan memudahkan pemahaman.
  • Rapat Tatap Muka : Rapat secara langsung (face to face) adalah saluran komunikasi yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan dan koneksi. Dalama konteks ini , interaksi langsung memungkinkan Dony untuk membaca reaksi dan tanggapan stafnya secara langsung.
  • Diskusi kelompok : Melalui sesi tanya jawa, Dony menciptakan saluran komunikasi informal yang mendorong anggota tim untuk berbagi ide dan pengalaman mereka. Ini juga membantu menciptakan suasana kerja yang kolaboratif.

Secara keseluruhan , Dony berhasil mengkombinasikan berbagai bentuk dan saluran komunikasi untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh semua anggota tim, serta menciptakan keterlibatan dan partispasi aktif dalam diskusi.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun