[caption id="" align="alignleft" width="300" caption="Menghadapkan wajah pada Rabb di alam terbuka (Google pic)"][/caption] Akhirnya kita tiba di jembatan besar pemisah Ramadhan nan suci dengan 11 bulan berikutnya yang merupakan ajang untuk mempertahankan segala kemajuan positif yang telah dicapai dalam penghulu bulan penuh berkah ini. Jembatan yang bernama shalat Idul Fitri tersebut sekaligus juga merupakan penutup masa pembekalan jiwa dan pembuka arena pertarungan sepanjang hayat dalam mengendalikan hawa nafsu yang telah bercampur dengan bujukan musuh bebuyutan manusia, yakni iblis. Mampukah kita istiqamah dalam membawa diri sampai bertemu dengan Ramadhan berikutnya?
Allah Swt berfirman,”Supaya kamu sempurnakan bilangan puasamu dan supaya kamu membesarkan Allah atas petunjukNya kepadamu. Mudah-mudahan kamu bersyukur.” (QS Al-Baqarah, 2:185).
Keberhasilan menggenapi puasa wajib adalah mustahil bila umat Islam tidak dimampukan Allah [caption id="" align="alignright" width="350" caption="Betapa kecil kita di hadapan NYA (Google pic)"][/caption] Swt untuk melakukannya. Begitu juga shalat, tadarus, zakat, dan seluruh ibadah yang ada. Jadi sudah pada tempatnya bila rasa syukur dipanjatkan secara patut ke hadirat Rabb Azza wa Jalla atas karunia yang begitu menentramkan jiwa itu. Dengan mengabaikan dingin pagi yang menggigit tulang memburu lapang tempat shalat Id akan dilaksanakan, menghampar sajadah di tanah yang lembab, dan bersama-sama menegakkan shalat Id penuh keikhlasan; mudah-mudahan kita semua dimasukkan ke dalam kelompok orang-orang yang bersyukur.
Imam Al-Ghazali dalam kitab Asrarush-Shalah mengemukakan bahwa Shalat Id hukumnya sunnah muakadah (diutamakan) dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya antara lain :
[caption id="" align="alignleft" width="320" caption="Perang tak menghalangi shalat Ied (Google.pic)"]
2.Hendaknya mandi, berdandan, dan memakai wewangian beraroma tajam bagi laki-laki serta disunnahkan memakai semacam selendang yang disampirkan di bahu dan memakai sorban. Sementara kaum wanita hendaknya mandi, berbusana rapi, dan tidak berdandan mencolok.
3.Hendaknya menempuh rute yang berbeda saat menuju lapang untuk Shalat Id dan saat pulang ke rumah sebagaimana dicontohkan oleh Rasul Saw (diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Ahmad dan Tirmidzi, Abu Daud). Beliau juga memerintahkan untuk mengajak serta kaum wanita dan gadis remaja (diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim).
4.Lebih disukai (mustahab) menegakkan Shalat Id di lapang terbuka; kecuali bila hari hujan, maka boleh dilakukan di mesjid.
5.Memperhatikan waktu Shalat Id, yakni di antara terbit matahari dan waktu zawal. Imam Syafi’i merawikan bahwa Nabi Saw menulis surat kepada Amr bin Hazm di Najran agar mengundurkan waktu Shalat Idul Fitri agar tersedia cukup waktu untuk menyelesaikan pembagian zakat fitrah sebelum shalat.
6.Hendaknya rombongan-rombongan jamaah yang hendak Shalat Id, bertakbir di sepanjang perjalanan menuju tempat shalat. Imam tidak usah duduk atau melakukan shalat sunnah, sementara para makmum hendaknya segera menyelesaikan shalat sunnah yang tengah dikerjakan dan tidak memulai shalat sunnahlainnya.
Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar wa lillahil hamd!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H