Mohon tunggu...
SacceCorndog
SacceCorndog Mohon Tunggu... Lainnya - Bisnis Corndog

𝗕𝗶𝘀𝗻𝗶𝘀 𝙎𝙖𝙘𝙘𝙚𝘾𝙤𝙧𝙣𝙙𝙤𝙜 - Proyek pelajar Sekolah GenIUS/²⁴

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Elemen-elemen Gamifaction: Ruangguru Juga Punya!!

30 Januari 2025   15:03 Diperbarui: 30 Januari 2025   15:15 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruangguru (Sumber: Google)

Gamification on Ruangguru

Ruangguru: Bimbel Terbesar No. 1 di Indonesia!

Aplikasi bimbel online Ruangguru menyediakan berbagai fitur interaktif dalam metode pembelajarannya, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pengguna agar lebih loyal dan bergantung pada fasilitas yang mereka tawarkan. Ruangguru memanfaatkan sebuah strategi pemasaran gamification dalam mencapai hal tersebut:

Leaderboard : (Papan peringkat kuis)
Elemen gamification ini bertujuan untuk meningkatkan semangat saing para pelajar, hal ini membuat pengguna merasa perlu untuk selalu meningkatkan rank mereka sehingga menghasilkan suatu output berupa pengunjungan aplikasi semakin banyak dan sering. Dampak fitur ini terhadap pengguna yaitu bisa meningkatkan semangat saing mereka untuk menjadi juara.
 
Reward System : (Poin)
Elemen reward system berupa poin bertujuan untuk membangun antusiasme para pelajar dalam proses belajar, hal ini membuat mereka ingin terus mendapat reward (pengakuan dari guru) dengan selalu menghadir segenap pertemuan belajar daring sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan lebih. Dampak fitur ini terhadap pengguna yaitu bisa meningkatkan semangat keaktifitan mereka dalam proses belajar.

Customization : (Profile Avatar)
Profile avatar merupakan salah satu elemen dalam gamification yaitu customization, Ruangguru menghadirkan fitur ini agar pengguna memiliki kebebasan untuk mengekspresikan jati diri. Mayoritas pengguna Ruangguru adalah pelajar oleh karena itu fitur avatar sangat cocok untuk memperkuat kegemaran mereka terhadap Ruangguru. Ketika para pengguna sudah terlanjur nyaman dengan fitur ini (karena unik) mereka bisa sangat loyal kepada Ruangguru. Dampak fitur ini kepada pengguna adalah mereka bebas untuk mengekspresikan jati diri.

Badges : (Title Best Student of The Month)
Elemen gamification badges juga ada di Ruangguru, lencana/title Best Student of The Month akan didapatkan oleh pelajar jika mendapatkan Golden Stars terbanyak. Tujuan adanya badges di sini adalah untuk meningkatkan semangat belajar mereka di App Ruangguru. Keinginan untuk mendapatkan lencana Best Student of The Month membuat mereka perlu menggunakan Ruangguru sesering mungkin untuk mengumpulkan Golden Stars terbanyak yang dapat dicapai. Dampak fitur ini kepada mereka yaitu dapat meningkatkan semangat belajar.

Challenges : (Tantangan Harian Soal)
Daily Challenge memberikan tantangan harian yang menarik sehingga pelajar merasa tertantang untuk menyelesaikan tugas. Sistem ini dirancang untuk menumbuhkan motivasi intrinsik, karena pelajar ingin "menang" atau mencapai target. Oleh karena itu para pengguna akan lebih aktif dan sering menggunakan App Ruangguru. Dampak fitur ini terhadap pengguna yaitu dapat menumbuhkan motivasi intrinsik untuk "menang" atau mencapai suatu target.

Evaluasi & Rekomendasi Gamification Ruangguru:
Elemen-elemen gamification yang ada di Ruangguru secara keseluruhan sudah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar pengguna, tetapi membutuhkan beberapa penyesuaian agar elemen gamification ini tidak hanya memacu kompetisi dan ketergantungan pada hadiah eksternal (seperti ingin mendapatkan poin tambahan dan sebuah julukan). Dengan pendekatan yang lebih baik dan variasi soal di daily challenge (tidak monoton dengan soal-soal yang sama dan berulang), pengalaman belajar pengguna bisa menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun