Mohon tunggu...
Sabrina Aulia Rahma
Sabrina Aulia Rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah Mahasiswa aktif semester 4 prodi manajemen fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas majalengka. Saat ini saya aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan serta menjadi penerima Beasiswa Bank Indonesia dan menjadi bagian dari Komunitas GenBI.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peningkatan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi Mahasiswa

5 Juli 2024   13:30 Diperbarui: 5 Juli 2024   13:37 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendidikan terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan masyarakat digital. Salah satu tren teknologi yang menarik perhatian dalam konteks pembelajaran adalah augmented reality (AR). AR menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual, menciptakan pengalaman interaktif yang memperkaya pembelajaran. Dalam konteks ekonomi, penggunaan AR dapat membawa manfaat signifikan bagi mahasiswa.

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan konten digital dengan dunia nyata secara Real time. Dengan kata lain AR memungkinkan pengguna melihat obyek maya 2D atau  3D yang di proyeksikan dengan menampilkan objek virtual di dunia nyata melalui perangkat seperti Smartphone, tablet atau Kacamata AR. Teknologi ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk Pendidikan, Bisnis dan Hiburan. Misalnya, penggunaan Aplikasi yang menampilkan Informasi tambahan saat mengarahkan kamera ponsel ke suatu objek, seperti melihat detail produk saat berbelanja online. AR memanfaatkan kamera, sensor dan proyeksi untuk menciptakan pengalaman interaktif yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital.

Ada beberapa manfaat AR dalam pembelajaran Ekonomi diantaranya Visualisasi konsep Abstrak, Simulasi & Studi Kasus, dan Motivasi & Kolaborasi. AR memungkinkan visualisasi konsep Ekonomi secara 3D dengan menggambarkan konsep ekonomi yang sulit dipahami secara Visual.  Misalnya, mahasiswa dapat melihat bagaimana grafik permintaan dan penawaran berubah dalam pasar dengan menggunakan AR. Pemanfaatan AR dalam Simulasi dan Studi kasus memungkinkan Mahasiswa berpartisipasi dalam Simulasi bisnis atau Studi kasus Ekonomi. Seperti perubahan kebijakann moneter atau dampak perubahan harga. Mahasiswa dapat mengambil Keputusan berdasarkan data Virtual dan melihat dampaknya secara Langsung. Dengan menerapkan Motivasi dan Kolaborasi Penggunaan AR dapat menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan Interaktif. Mahasiswa dapat lebih terlibat dengan materi, meningkatkan motivasi mereka untuk memahami konsep Ekonomi serta Mampu berkolaborasi dalam proyek AR, Memperkaya pengalaman belajar melalui diskusi dan pemecahan masalah Bersama.

Meskipun AR menawarkan potensi besar, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti biaya perangkat dan kurva pembelajaran. Namun, dengan inovasi dan dukungan Institusi Pendidikan, penggunaan AR dapat ditingkatkan. Penggunaan teknologi AR dalam Pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan mahasiswa. Dengan memanfaatkan AR, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan relevan dengan dunia nyata.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun