Mohon tunggu...
Sabria Ners
Sabria Ners Mohon Tunggu... Guru - Sabria,S.Kep.,Ns

GURU SMK Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Aktivitas Pembelajaran Tidak Maksimal di Masa Covid 19

15 Oktober 2021   23:59 Diperbarui: 16 Oktober 2021   00:11 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PANDEMI COVID 19: AKTIVITAS PEMBELAJARAN TIDAK MAKSIMAL, MENGAPA??

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat dianggap penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri. Dengan semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Namun, Pada saat ini dunia pendidikan khususnya tenaga pengajar seperti guru telah diuji untuk menjadi tenaga yang profesional dalam segala hal dan situasi seperti halnya pada sekarang dimusim pandemi covid 19 yang terjadi secara global menjadikan guru untuk beralih pembelajaran menjadi daring (dalam jaringan) .

Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet, jadi Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah, sehingga guru harus dituntut untuk dapat mendesain media pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media daring (online).

Namun, pembelajaran daring yang dilakukan dalam pembelajaran sangat tidak efektif khususnya bagi siswa keperawatan karena ada beberapa mata pelajaran yang mengharuskan untuk dilakukan di laboratorium, sehingga siswa dari segi kompetensi masih kurang. Pembelajaran daring tidak bisa lepas dari jaringan internet. Koneksi jaringan internet menjadi salah satu kendala yang dihadapi siswa yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses internet. Hal ini juga menjadi permasalahan yang banyak terjadi pada siswa yang mengikuti pembelajaran daring sehingga kurang optimal pelaksanaannya, pada saat dilakukan pembelajaran masih kurang siswa yang masuk kedalam zoom ataupun gmeet yang dilakukan oleh guru, sehingga banyak siswa yang ketinggalan pembelajaran.

Siswa dituntut untuk mencari informasi atau materi sendiri secara mandiri tapi masih banyak siswa yang terkendala dengan jaringan internet yang kurang memadai, kouta internet yang kurang dan menyebabkan siswa kurang efektif mencari materi-materi pembelajaran. Orangtua siswa yang tidak siap untuk menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet karena dampak ekonomi yang kurang maksimal dimana banyak orangtua siswa yang sudah tidak bekerja, berpenghasilan rendah atau dari kalangan menengah kebawah (kurang mampu). Tetapi orangtua siswa ingin anaknya tetap mengikuti pembelajaran daring.

Pembelajaran luring sangat efektif karena guru dapat memantau siswa secara langsung dan melakukan praktek keperawatan secara mandiri sehingga harapan semoga pandemi segera berlalu dan proses pembelajaran kembali efektif.

*Penulis 1: Ramlah,S.Kep.,Ns.,M.Biomed

*Penulis 2: Sabria

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun