Mohon tunggu...
Salsa Bila Putri Sari
Salsa Bila Putri Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I like things that blend with beauty

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Isu-Isu Sosial-Emosional di Sekolah Dasar | Bullying, Masalah Disiplin, dan Interaksi Sosial di Kelas

18 Januari 2025   20:16 Diperbarui: 18 Januari 2025   23:08 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sekolah dasar merupakan pondasi penting dalam pembentukan karakter dan perkembangan sosial-emosional anak. Pada tahap ini, anak tidak hanya belajar mengenai pengetahuan akademik, tetapi juga tentang cara berinteraksi, bekerja sama, dan membangun hubungan yang sehat dengan orang lain. Namun, berbagai isu sosial-emosional kerap muncul di sekolah dasar, seperti bullying, masalah disiplin, dan tantangan interaksi sosial di kelas. Isu-isu ini dapat menghambat proses belajar dan perkembangan anak apabila tidak ditangani dengan baik.

Bullying di Sekolah Dasar

Bullying adalah salah satu isu sosial-emosional yang paling sering terjadi di sekolah. Bullying mencakup perilaku agresif yang dilakukan berulang kali dengan tujuan mendominasi atau menyakiti individu lain. Bentuknya beragam, mulai dari kekerasan fisik (memukul, menendang), kekerasan verbal (mengejek, menghina), hingga kekerasan sosial (mengucilkan, menyebarkan rumor).

Dampak bullying tidak hanya dirasakan oleh korban, tetapi juga oleh pelaku dan saksi. Korban bullying berisiko mengalami kecemasan, depresi, rendah diri, hingga penurunan prestasi akademik. Pelaku bullying sering kali mengembangkan perilaku agresif yang dapat terbawa hingga dewasa, sedangkan saksi bullying bisa merasa takut atau tidak nyaman di lingkungan sekolah.

Upaya Penanganan Bullying:

1. Pendidikan Karakter: Mengintegrasikan nilai-nilai seperti empati, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan dalam kurikulum.

2. Pelatihan Guru dan Staf: Memberikan pelatihan kepada guru dan staf untuk mengenali, mencegah, dan menangani kasus bullying.

3. Kebijakan Sekolah yang Tegas: Sekolah perlu menetapkan aturan anti-bullying dengan sanksi yang jelas, serta menyediakan mekanisme pelaporan yang aman bagi siswa.

4. Kolaborasi dengan Orang Tua: Komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua sangat penting untuk mencegah dan menangani kasus bullying.

Masalah Disiplin di Sekolah

Masalah disiplin di sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Perilaku seperti tidak patuh terhadap aturan, mengganggu teman, atau kurang fokus saat belajar sering kali muncul. Faktor yang memengaruhi perilaku ini mencakup lingkungan keluarga, tekanan sosial, atau kebutuhan emosional anak yang tidak terpenuhi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun