Mohon tunggu...
Salsa Bila Putri Sari
Salsa Bila Putri Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I like things that blend with beauty

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Kecerdasan Majemuk

10 November 2024   14:49 Diperbarui: 14 November 2024   13:12 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Howard Gardner (11 Juli 1943) 

Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)
           Teori Kecerdasan Majemuk yang dikembangkan oleh psikolog kognitif Howard Gardner, menantang pandangan tradisional tentang kecerdasan sebagai entitas tunggal yang dapat diukur dengan tes IQ.  Gardner berpendapat bahwa kecerdasan merupakan kemampuan yang multifaset, terdiri dari beberapa kecerdasan independen yang saling melengkapi.  Teori ini telah merevolusi cara kita memahami dan mengembangkan potensi individu dalam pendidikan dan berbagai bidang kehidupan.
 
Definisi Kecerdasan Majemuk
          Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah atau menciptakan produk yang bernilai dalam satu atau lebih lingkungan budaya. Berarti kecerdasan bukan hanya kemampuan akademis semata, tetapi juga mencakup kemampuan untuk beradaptasi, berkreasi, dan berinteraksi secara efektif dalam berbagai konteks.  Teori ini menekankan bahwa setiap individu memiliki profil kecerdasan yang unik, dengan beberapa kecerdasan yang lebih dominan daripada yang lain. 

Gambar
Gambar

Tahapan-tahapan Kecerdasan Majemuk
           Gardner mengidentifikasi tujuh tahapan kecerdasan dalam bukunya Frames of Mind (1983).  Seiring waktu, ia menambahkan dua tahapan kecerdasan lagi, sehingga total menjadi sembilan tahapan:
1. Linguistik Kemampuan untuk menggunakan bahasa secara efektif, baik lisan maupun tulisan.  
Contoh: penulis, penyair, pengacara.
2. Logika-Matematika Kemampuan untuk berpikir logis, menganalisis, dan memecahkan masalah matematis.
Contoh: ilmuwan, matematikawan, programmer.
3. Visual-Spasial Kemampuan untuk berpikir secara visual, membayangkan, dan memanipulasi gambar mental.
Contoh: seniman, arsitek, desainer grafis.
4. Musikal: Kemampuan untuk memahami, menciptakan, dan menghargai musik.
Contoh: komposer, musisi, penyanyi.
5. Kinestetik-Jasmani Kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh dan menggunakannya secara efektif. Contoh: atlet, penari, ahli bedah.
6. Interpersonal Kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif.
Contoh: guru, konselor, manajer.
7. Intrapersonal Kemampuan untuk memahami diri sendiri, emosi, dan motivasi.
Contoh: penulis, filsuf, terapis.
8. Naturalis: Kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan dunia alam.
Contoh: ahli biologi, ahli botani, petani.
9. Eksistensial: Kemampuan untuk merenungkan pertanyaan-pertanyaan filosofis tentang kehidupan, kematian, dan realitas utama .
Contoh: filsuf, teolog.
 
Implikasi Teori Kecerdasan Majemuk
           Implikasi yang signifikan dalam berbagai bidang, terutama dalam pendidikan. Mendorong pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan personalisasi, yang mengakui bahwa siswa belajar dengan cara yang berbeda. Dengan memahami profil kecerdasan masing-masing siswa, pendidik dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan merangsang potensi mereka secara optimal. Selain itu, teori ini juga bermanfaat dalam konteks pengembangan karir, karena membantu individu untuk mengidentifikasi bakat dan minat mereka, sehingga dapat memilih jalur karir yang sesuai dengan profil kecerdasan mereka

Buku
Buku


Kritik terhadap Teori Kecerdasan Majemuk
           Meskipun teori ini telah diterima secara luas, beberapa kritik telah diajukan. Beberapa peneliti mempertanyakan validitas ilmiah dari beberapa jenis kecerdasan, dan kurangnya bukti empiris yang kuat untuk mendukung klaim bahwa kecerdasan-kecerdasan tersebut benar-benar independen satu sama lain. Namun, terlepas dari kritik tersebut, teori Kecerdasan Majemuk tetap menjadi kerangka kerja yang berpengaruh dalam memahami kompleksitas kecerdasan manusia dan mengembangkan potensi individu.

Kesimpulan
           Teori Kecerdasan Majemuk Howard Gardner menawarkan perspektif yang kaya dan komprehensif tentang kecerdasan manusia. Dengan menekankan keragaman kemampuan kognitif, teori ini mendorong pendekatan pendidikan yang lebih personal dan inklusif, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi individu secara holistik. Meskipun terdapat beberapa kritik, teori ini tetap menjadi kontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan dan psikologi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun