Mohon tunggu...
Kelompok 38 Gelombang 5
Kelompok 38 Gelombang 5 Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Hanya karena orang lain berbuat tidak baik kepada kita, bukan berarti kita harus membalasnya dengan cara yang sama.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa PMM UMM Gelar Perlombaan Matematika Seru di MI Miftahul Ulum dengan Permainan Berbasis Ubuntu Linux!

9 Agustus 2024   15:06 Diperbarui: 9 Agustus 2024   15:09 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang, 31 Juli 2024 -- MI Miftahul Ulum Ampeldento, Malang, dipenuhi dengan keceriaan dan semangat kompetisi pada Rabu, 31 Juli 2024. Di sekolah tersebut digelar kegiatan seru dan inovatif bertajuk "Perlombaan Matematika dengan Cara Asik dan Inovatif Menggunakan Permainan Tux-Math dari Ubuntu OS Berbasis Linux". Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelompok 38 Gelombang 5, Mahasiswa PMM Prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dibimbing oleh Iqbal Ramadhani Fuadiputra S.E., M.SM. ini bertujuan untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik, mengurangi kebosanan, serta meningkatkan jiwa kompetisi siswa kelas 6.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Para siswa kelas 6 MI Miftahul Ulum yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias. Dengan persiapan matang, para mahasiswa dari UMM memasang perangkat komputer dan laptop, menginstal Ubuntu melalui VM VBOX, dan memasang software game edukatif Tux-Math. Para siswa kemudian dibagi menjadi 16 tim, masing-masing terdiri dari dua orang. Setiap tim berkompetisi dalam dua babak perlombaan yang menegangkan dan menyenangkan.

Babak pertama dimulai dengan tingkat kesulitan "Ranger" dan batas waktu dua menit per ronde. Setiap tim bermain secara bergiliran menggunakan empat laptop yang tersedia. Tim dengan skor tertinggi di setiap ronde maju ke babak selanjutnya. Suasana menjadi semakin seru ketika para siswa berusaha mencatat skor tertinggi dengan cepat dan tepat menjawab soal-soal matematika yang muncul di layar.

Babak kedua tidak kalah menantang. Masih dengan tingkat kesulitan "Ranger" tetapi dengan batas waktu tiga menit per ronde. Tim yang bertahan paling lama dan mencatat skor tertinggi menjadi pemenangnya. Siswa yang berhasil mencapai babak ini menunjukkan semangat juang yang tinggi dan kemampuan matematika yang luar biasa.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Hasil dari perlombaan ini sangat memuaskan. Para siswa tidak hanya belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, tetapi juga merasakan semangat kompetisi yang sehat. "Kak, bisa diadain lagi nggak lombanya!? Seru banget kak soalnya!!" ujar salah satu siswa dengan penuh antusias.

Kegiatan ini menjadi bukti bahwa pembelajaran tidak harus monoton dan bisa dilakukan dengan cara yang inovatif serta menyenangkan. Para mahasiswa dari UMM berhasil menggabungkan ilmu teknologi yang mereka pelajari dengan kebutuhan pendidikan dasar, menciptakan pengalaman belajar yang berkesan bagi para siswa MI Miftahul Ulum.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun