Mohon tunggu...
Sabila Amirahma
Sabila Amirahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Media sarana untuk membagikan pengalaman menjadi mahasiswa pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Literasi Dasar T4.7 Aksi Nyata

19 Januari 2025   12:33 Diperbarui: 19 Januari 2025   12:33 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Analisis Sekolah Lingkungan Kaya Literasi

Analisis/evaluasi dengan pola 3-2-1:

1. 3 hal yang sudah berjalan dengan baik

a. Pembiasaan Membaca Selama 15 Menit

Di SDN Genuksari 02 setiap hari dilaksanakan pembiasaan membaca selama 15 menit sesuai dengan kondisi masing-masing kelas. Hal ini dapat berupa membaca buku fiksi secara individu maupun literasi digital dengan membaca bersama melalui cerita yang ditampilkan di proyektor. Dalam pelaksanaannya, dilakukan di awal pembelajaran atau ada juga kelas yang melaksanakan di akhir pembelajaran. kegiatan literasi ini dilakukan dengan membaca selama 15 menit kemudian diakhiri dengan penyampaian isi bacaan yang telah dibaca oleh peserta didik. Dalam kegiatan ini melibatkan peserta didik dan guru sebagai fasilitator.

b. Rabu Literasi

Rabu literasi merupakan kegiatan apel pagi yang dilaksanakan pada setiap hari Rabu yang dilanjutkan dengan penampilan-penampilan bakat peserta didik dari setiap kelas secara bergantian perminggu. Kegiatan Rabu literasi ini dilaksanakan sebagai upaya sekolah dalam mengembangkan bakat dan potensi-potensi peserta didik, serta melatih keberanian dan percaya diri peserta didik. Dalam kegiatan ini melibatkan peserta didik, guru sebagai fasilitator, dan orangtua peserta didik sebagai pendukung menyiapkan properti dalam penampilan peserta didik.

c. Pojok Baca

Di SDN Genuksari 02 setiap ruang kelas terdapat pojok baca yang dilengkapi dengan buku-buku fiksi untuk menunjang kegiatan pembiasaan literasi. Buku-buku ini yang digunakan peserta didik membaca dalam kegiatan pembiasaan literasi. Pojok baca didesain menarik dan senyaman mungkin sesuai dengan kreativitas masing-masing kelas. Dalam program ini pihak yang terlibat yaitu peserta didik, guru sebagai fasilitator, dan orangtua peserta didik sebagai pendukung yaitu membantu menata dan menghias pojok baca

2. 2 hal yang bisa ditingkatkan

a. Literasi berbasis Digital

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun